5 Cara Praktis agar Kulit Cerah dan Sehat

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 01 Jul 2018 10:47 WIB
kecantikan
5 Cara Praktis agar Kulit Cerah dan Sehat
(Foto: NDTV)

Jakarta: Memiliki kulit yang sehat dan berseri adalah impian banyak orang. Namun, tak semudah itu mendapatkannya.

Bagi Anda yang malas menggunakan perawatan yang kompleks, cobalah enam cara sederhana berikut untuk membuat kulit tetap kinclong.

1. Ketika cuaca cerah, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 20. Kemudian ulangin pemakanan tabisr surya setiap tiaga jam untuk melindungi kulit dari sinar ultra violet. Selain itu, tabir surya membantu melindungi kulit dari debu dan angin.

2. Cucilah muka setidaknya tiga kali dalam sehari sehingga kotoran yang menempel tidak menyumbat pori-pori yang dapat mengakibatkan masalah kulit seperti jerawat, baik hitam maupun putih.

3. Pastikan kuit terus terhidrasi dengan konsumsi air cukup setidaknya dua hingga tiga liter perhari. Beberapa cairan tambahan seperti jus lemon atau air kelapa juga perlu karena lemon mengandung vitamin C dan air kepala mengandung antioksidan dan mineral yang baik untuk kulit.

4. Gunakan scrub untuk membersihkan kotoran yang mendalam pada kulit. Cobalah membuat scrub alami yang terdiri dari tepung gram (besan), gula pasir, dadih, kulit jeruk kering campuran dan oleskan pada wajah. Biarkan selama sepuluh menit dan gunakan air untuk membasahi. Setelah itu, gosok lembut wajah dengan gerakan memutar untuk mengelupas kulit.

5. Jangan lupa rutinitas CTM (Cleansing, toning dan moisturizing). Ketiganya adalah perawatan dasar kulit. Pastikan untuk melembapkan kulit secara teratur. Jika memiliki zona berminyak, terapkan pada area kulit kering. Orang dengan kulit berminyak atau campuran pasti harus menggunakan toner.




(DEV)