6 Kesalahan Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Torie Natalova    •    Sabtu, 19 May 2018 14:44 WIB
tips kesehatanberat badan
6 Kesalahan Turunkan Berat Badan dengan Cepat
6 Kesalahan Turunkan Berat Badan dengan Cepat (Foto: gettyimages)

Jakarta: Tak hanya mendambakan tubuh yang langsing, banyak wanita juga menginginkan jalan cepat menurunkan berat badan. Tapi, pikirkan kembali karena menurunkan berat badan terlalu cepat dapat mengganggu metabolisme Anda dalam jangka panjang.

Ahli gizi Jennifer Moore menjelaskan ada beberapa kesalahan yang harus dihentikan oleh mereka yang ingin memiliki tubuh langsing dengan cepat.

1. Memangkas kalori tanpa pertimbangkan metabolisme Anda
Resep paling sederhana untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah membakar kalori lebih banyak daripada yang Anda  konsumsi. Namun, Anda perlu menyesuaikan pendekatan terhadap tubuh Anda.

Wanita dianjurkan konsumsi 2000 kalori. Tapi, itu tidak memperhitungkan tingkat metabolisme basal yakni kecepatan tubuh Anda memproses makanan. Tiap orang memiliki tingkat metabolisme basal yang berbeda dan memiliki komposisi tubuh yang berbeda. 1500 kalori adalah jumlah yang aman untuk tubuh tetap dapat menyerap nutrisi baik dan menurunkan berat badan.

2. Tidak makan cukup karbohidrat
Diet rendah karbohidrat dapat efektif turunkan berat badan dengan cepat, tapi seringkali tidak berkelanjutan. Georgia menjelaskan, cara tubuh kita menggunakan kunci nutrisi makro sesuai dengan urutannya yakni karbohidrat, lemak dan protein.

Tubuh Anda akan membakar sejumlah karbohidrat dalam bentuk glukosa terlebih dulu, kemudian meninggalkannya sedikit dan beralih ke lemak kemudian beralih ke protein, dan itulah otot Anda.

Jika tidak cukup makan karbohidrat dan lemak, maka tubuh mulai membakar ototnya sendiri. Semakin sedikit otot yang dimiliki, semakin sulit membakar lemak.

4. Melupakan pentingnya hidrasi tubuh
Jika tubuh terhidrasi baik, Anda tidak akan makan berlebihan. Ketika dehidrasi, kita bisa mengambil makanan daripada air, dan akhirnya makan atau ngemil yang tidak perlu. Padahal tubuh hanya meminta air. Ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda juga mempertahankan berat air. Minum air setidaknya 2-3 liter per hari.

5. Pilih makanan rendah lemak
Makanan rendah lemak terkadang masih terasa enak. Jangan salah, ini sebenarnya adalah gula. Sebagian besar pilihan diet yakni mengotak-atik garam dan gula untuk mengimbangi pengurangan rasa yang hilang dari lemak. Kurangi makanan manis yang akan mempengaruhi gula darah Anda.

Semakin banyak makanan manis yang dikonsumsi, semakin sering Anda memiliki keinginan untuk makan makanan ringan atau ngemil.

6. Membiarkan rasa lapar di tengah malam
Pergi ke tempat fitnes dan makan dalam porsi kecil, kemungkinan besar akan menuntun Anda pada rasa lapar yang muncul di tengah malam. Cobalah untuk makan lebih awal dan makan makanan ringan sebelum pukul 8 malam, kemudian hentikan kudapan malam hari.

Ini akan memberikan tubuh Anda istirahat singkat semalam dan membiarkan tubuh Anda melanjutkan dengan fungsi yang normal, serta memperbaiki tubuh saat tidur, bukannya mencerna makanan. Anda akan bangun dengan perasaan yang lebih segar dan benar-benar merasa lapar di pagi hari.

 


(ELG)