Menurunkan Tekanan Darah dengan Buah Bit

Torie Natalova    •    Jumat, 06 Apr 2018 16:56 WIB
kesehatanhipertensi
Menurunkan Tekanan Darah dengan Buah Bit
Selain mengalirkan lebih banyak oksigen ke otot Anda, bit juga dapat mengantar oksigen lebih ke otak Anda. (Foto: Anna Pelzer/Unsplash.com)

Jakarta: Buah bit sudah lama dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, aroma dan rasa yang aneh, membuat beberapa orang enggan mengonsumsinya.

Selain diolah dalam bentuk jus, seperti dilansir dari Prevention.com, buah bit juga dapat diolah menjadi salad, sup dan lainnya. Berikut adalah lima alasan mengapa bit harus masuk dalam menu makanan utama Anda.

1. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama kematian. Bit kaya akan nitrat sehat yang diubah menjadi nitrit oksida dalam tubuh. Nitrat oksida dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah Anda. 

2. Meningkatkan energi
Oksida nitrat dapat melebarkan pembuluh darah, ini juga dapat membantu membawa lebih banyak oksigen ke otot Anda. Hasilnya, bit memungkinkan orang untuk berolahraga lebih lama.

(Baca juga: Peluang Seseorang Terserang Hipertensi Makin Besar karena Faktor Ini)


(Buah bit kaya akan nitrat sehat yang diubah menjadi nitrit oksida dalam tubuh. Nitrat oksida dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah Anda. Foto: Jackelin Slack/Unsplash.com)

3. Meningkatkan kekuatan otak
Selain mengalirkan lebih banyak oksigen ke otot Anda, bit juga dapat mengantar oksigen lebih ke otak Anda.

4. Mencegah sembelit
Satu cangkir bit mengandung sekitar 3,5 gram serat yang dapat membantu mencegah sembelit. Serat yang tidak larut membuat makanan bergerak melalui saluran pencernaan dan meningkatkan curah tinja, yang membantu buang air besar secara teratur. Serat tidak larut juga bisa mencegah wasir yang biasa dimiliki orang dengan sembelit kronis.

5. Mengandung antioksidan
Warna merah violet pada bit menandakan buah ini memiliki antioksidan yang tinggi. Antioksidan membantu mencegah penyakit tertentu denga melawan kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Perlu diingat bahwa ketika Anda mulai rutin atau meningkatkan asupan buah bit Anda, urine dapat berubah warna menjadi merah muda. Jangan panik, karena ini bukan darah tapi warna yang dihasilkan oleh bit ketika melalui saluran pencernaan Anda.







(TIN)