Ini Alasan Nyamuk Menggigit Anda

Raka Lestari    •    Selasa, 31 Jul 2018 10:05 WIB
kesehatan
Ini Alasan Nyamuk Menggigit Anda
Pada kenyataannya, ada orang-orang yang cenderung lebih sering digigit oleh nyamuk dibandingkan orang lainnya. (Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)

Jakarta: Apa yang terjadi jika Anda disukai oleh nyamuk atau serangga lainnya? Dan memang kenyataannya, ada orang-orang yang cenderung lebih sering digigit oleh nyamuk dibandingkan orang lainnya. 

Menurut Profesor Leslie Vosshall dari Universitas Rockefeller New York, tubuh Anda bisa memberikan isyarat (tanpa sepengetahuan Anda) bahwa Anda lebih menarik untuk digigit dibandingkan orang lain.

"Manusia dapat menarik perhatian nyamuk melalui beberapa isyarat sensorik termasuk bau badan yang dipancarkan dari asam laktat, panas, dan karbon dioksida dalam napas kita, dan nyamuk dapat merasakan perbedaan untuk menentukan hewan atau manusia mana yang menjadi target untuk mereka gigit," ujar Vosshall. Nyamuk mungkin lebih tertarik pada bau badan yang unik.

(Baca juga: Letakkan Enam Tanaman Ini di Rumah untuk Menghalau Nyamuk)


(Minum alkohol dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda, yang pada gilirannya meningkatkan jumlah karbon dioksida yang Anda hasilkan kemudian mengundang nyamuk untuk menggigit Anda. Foto: Quentin Dr/Unsplash.com)

Jonathan Day, seorang profesor entomologi medis di University of Florida di Vero Beach, mengatakan bahwa 20 persen orang mendapatkan lebih banyak gigitan nyamuk daripada populasi umum, dan orang-orang yang menghasilkan lebih banyak karbon dioksida, seperti wanita hamil lebih menarik bagi nyamuk.

Day juga mengatakan kepada majalah TIME bahwa minum alkohol dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda, yang pada gilirannya meningkatkan jumlah karbon dioksida yang Anda hasilkan. 

Kombinasi ini membuat Anda menjadi makanan yang ideal untuk nyamuk. Selain bau, warna pakaian Anda juga berperan dalam menarik nyamuk untuk menggigit Anda. Jika Anda sering menggunakan pakaian hitam, merah, atau biru muda, Anda lebih menarik bagi nyamuk karena mereka lebih mampu melihat bayangan Anda dan menjadikan Anda sebagai target mereka.





(TIN)