Mencegah Leher Terasa Kaku Akibat Radiasi Ponsel

Nia Deviyana    •    Kamis, 26 Apr 2018 13:01 WIB
tips kesehatan
Mencegah Leher Terasa Kaku Akibat Radiasi Ponsel
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Radiasi sinar ponsel menjadi salah satu penyebab kenapa leher Anda sakit setelah terlalu lama menggunakannya. Sayangnya, di zaman digital ini, agak sulit rasanya untuk tidak terus menerus mengecek ponsel.

Para ahli memberikan tips untuk meminimalisir rasa pegal dan sakit di area leher usai menggunakan ponsel, berikut dilansir dari Indian Express.

1. Postur tubuh

Sangat penting untuk mempertahankan postur tubuh yang baik saat duduk atau pun berdiri. Pastikan tulang belakang Anda tegak dan tidak membungkuk.

2. Hindari menekuk leher

Pegang ponsel sejajar dengan mata, atau paling tidak jangan sampai membuat leher Anda menunduk. Menekuk leher terlalu lama dapat menyebabkan stres di area kepala dan lengan sehingga Anda merasa lelah.

3. Istirahat

Hindari menggunakan ponsel tiada henti tanpa jeda sedikit pun. Begitu juga jika Anda menggunakan gadget lainnya seperti komputer atau laptop. Disarankan untuk beristirahat selama 5 menit sekali setiap 25 menit bekerja dengan gadget.

4. Atur ulang ruangan kerja

Anda bisa menata ulang ruangan kerja agar bisa membuat nyaman dan rileks. Ganti kursi Anda dengan bantalan punggung yang nyaman untuk menunjang postur tubuh yang baik. 

5. Peregangan

Menggerakan leher secara berkala membantu meredakan ketegangan otot. Menempelkan koyo pada leher atau punggung yang sakit juga bisa memberikan kenyamanan. 


Lihat video:




(DEV)