Ini Pentingnya Vaksinasi Flu bagi Bumil

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 10 Apr 2018 11:15 WIB
tips kesehatan
Ini Pentingnya Vaksinasi Flu bagi Bumil
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Baru-baru ini, perusahaan kesehatan Abbott  melakukan sebuah survei tentang imunisasi influenza di India. Hasilnya, 40 persen para ibu tak menganggap vaksin ini penting. 

Selain itu, 37 persen ibu hamil (bumil) di perkotaan tidak melakukan vaksinasi flu, terlepas dari apakah itu rekomendasi dokter. 

"Terlepas dari prevalensi yang ada dan mendokumentasikan pentingnya imunisasi influenza, penggunaan vaksin flu tidak terlalu tinggi," jelas dokter anak Dr Uday Ananth Pai dari Mumbai, dilansir dari The Health Site. 

Ia melanjutkan, bayi berusia di atas 6 bulan termasuk dalam kategori berisiko tinggi terkena flu sehingga sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi tepat waktu setiap tahun. 

"Anak-anak berusia di bawah 5 tahun juga riskan mengalami komplikasi influenza serius. Penyakit ini dapat dicegah, di mana vaksinasi adalah salah satunya."

Di satu sisi, dokter kandungan Dr Mukesh Gupta mengungkapkan bahwa umumnya flu dan komplikasi flu yang lebih parah biasanya dialami ibu hamil. Oleh karena itu, vaksin flu sangat disarankan untuk wanita yang sedang hamil, yang lebih baik jika diberikan sebelum hamil. 

Setelah melahirkan, akan ada 'efek kepompong' di mana semua anggota keluarga atau pengasuh bayi akan divaksinasi untuk memastikan tak ada penyakit yang akan menular pada si kecil, mengingat bayi berusia di bawah 6 bulan belum bisa divaksinasi flu. 

"Meningkatkan kesadaran dan mendorong para ibu untuk mulai membicarakan seputar influenza,  gejala dan tindakan pencegahannya adalah kunci untuk mencegah flu pada anak-anak," pungkas Dr Gupta. 

Sebuah Survei Kesehatan Keluarga Nasional di India menemukan bahwa sebanyak 72,5 persen anak berusia 12-23 bulan tidak mendapatkan imunisasi tepat waktu. Padahal, usia tersebut adalah periode penting dalam pekembangan dan pembentukan imunitas anak. 

Lihat video:





(DEV)