Ini Penyebab Seseorang Kecanduan Alkohol

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 27 Jun 2018 08:49 WIB
studi kesehatan
Ini Penyebab Seseorang Kecanduan Alkohol
(Foto: Telegraph)

Jakarta: Salah satu penyebab kesehatan semakin memburuk adalah karena konsumsi alkohol berlebihan. Mengapa seseorang bisa mengalami kecanduan alkohol?

Sebuah penelitian menemukan bahwa mekanisme molekular, seperti tingkat protein dalam tubuh yang lebih rendah, kemungkinan adalah penyebabnya.

"Kita harus tahu bahwa bagian inti dari kecanduan adalah meskipun tahu itu akan ditukar dengan kesehatan, bahkan nyawa, Anda tetap melakukannya," jelas peneliti Markus Heilig dari Linkoping University, Swedia dilansir dari The Health Site.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Science tersebut menggunakan hewan percobaan tikus untuk mengukur ekspresi dari ratusan gen dalam lima area otak.

Tim tersebut menginvestigasi pengaturan kadar GAT-3 yang merupakan semacam air pemanis dan alkohol. Setelah diturunkan, para tikus diberikan pilihan antara gula dan alkohol. Mereka menemukan bahwa 15 persen tikus lebih memilih alkohol dibandingkan hadiah lain.

"Penurunan ekspresi transporter memiliki efek mencolok pada perilaku tikus-tikus ini. Hewan yang lebih menyukai rasa manis daripada alkohol membalikkan preferensi mereka dan mulai memilih alkohol," kata peneliti utama Eric Augier.

Selanjutnya, tim menganalisa kadar GAT-3 di jaringan otak dari manusia yang telah meninggal yang memiliki riwayat kecanduan alkohol. Mereka menemukan kadar protein yang lebih rendah di dalamnya daripada pada individu yang minum alkohol secara terkontrol.




(DEV)