Empat Tanda Bahwa Anda Sudah Mencintai Diri Sendiri

Raka Lestari    •    Rabu, 27 Jun 2018 13:41 WIB
romansapsikologi
Empat Tanda Bahwa Anda Sudah Mencintai Diri Sendiri
Jika Anda sudah mengetahui apa saja yang Anda inginkan dalam suatu hubungan, maka Anda akan semakin mudah untuk menemukan cinta. (Foto: Andre Cuervo/Unsplash.com)

Jakarta: Mencintai diri sendiri merupakan hal positif yang bisa Anda lakukan sambil menunggu seseorang yang tepat untuk datang kepada Anda. Mencintai diri sendiri juga bukan berarti Anda menganggap bahwa diri Anda sangat sempurna bahkan sampai menganggap rendah orang lain. 

Menurut Clarissa Silva, seorang ahli perilaku dan pelatih hubungan percintaan mengatakan mencintai diri sendiri berkaitan dengan kesiapan Anda untuk menerima cinta dari orang lain. 

"Kesadaran diri adalah salah satu kunci untuk proses pengambilan keputusan dalam hubungan kita," ujar Silva kepada Elite Daily. "Ketika Anda menghargai diri sendiri, Anda akan menerima diri sendiri dan membantu Anda menentukan kepada siapa dan kapan, dan bagaimana cara Anda mencintai." 

Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda sudah bisa mencintai diri sendiri.

(Baca juga: Makna dari Menggandeng Tangan Kekasih)


(Menurut Clarissa Silva, seorang ahli perilaku dan pelatih hubungan percintaan mengatakan mencintai diri sendiri berkaitan dengan kesiapan Anda untuk menerima cinta dari orang lain. Foto: Cery Lowe/Unsplash.com)

1. Anda dapat mengetahui apa yang Anda inginkan
Jika Anda sudah mengetahui apa saja yang Anda inginkan dalam suatu hubungan, maka Anda akan semakin mudah untuk menemukan cinta itu sendiri. Menginginkan hubungan yang memiliki komitmen merupakan hal yang normal.

Justru jika Anda berpura-pura tidak memiliki suatu tujuan dalam hubungan dapat membuat Anda bertemu dengan pasangan yang tidak memiliki tujuan juga dalam sebuah hubungan yang justru hanya menyakitkan bagi keduanya. 

2. Menyadari kelemahan Anda
Dalam sebuah hubungan, tidak mungkin Anda tidak memiliki kesalahan sama sekali. Dengan mengetahui kelemahan yang Anda miliki, misalnya Anda merupakan seseorang yang keras kepala, maka Anda bisa lebih berusaha aktif untuk menguranginya terutama ketika berdebat dengan pasangan. Cerys Lowe

3. Memiliki waktu untuk diri sendiri
Salah satu masalah yang mungkin dimiliki oleh mereka yang sudah memiliki pasangan adalah kurangnya waktu untuk diri sendiri. Jika Anda sudah bisa memiliki perencanaan waktu yang baik, maka meskipun sudah memiliki pasangan Anda tetap bisa membagi waktu untuk diri Anda sendiri. 

4. Menerima masa lalu Anda
Melakukan kesalahan di masa lalu bukanlah sesuatu hal yang memalukan dan itu merupakan normal terjadi. Memiliki pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan bukanlah sesuatu hal yang bisa Anda ubah. Dengan keinginan untuk memperbaiki semuanya, menerima kesalahan yang Anda lakukan di masa lalu sangatlah diperlukan agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama.





(TIN)