Penyebab Terjadinya Vaginitis pada Wanita

Raka Lestari    •    Selasa, 24 Apr 2018 14:02 WIB
kesehatan
Penyebab Terjadinya Vaginitis pada Wanita
Dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia menyarankan agar wanita selalu membersihkan area kewanitaan mereka dengan cara yang benar. (Foto: Courtney Clayton/Unsplash.com)

Jakarta: Vaginitis adalah suatu keadaan di mana terdapat infeksi pada area kewanitaan yang umumnya terjadi karena jamur, bakteri, atau trichomoniasis. Vaginitis berbeda dengan keputihan.

Jika keputihan umumnya tidak disertai bau dan gatal, jika Anda mengalami vaginitis biasanya akan mengalami keputihan yang disertai dengan bau tidak sedap, gatal, bahkan ada yang mengalami flek agak kecoklatan seperti darah. 

“Paling banyak terjadi karena bakteri, jamur, dan trichomoniasis. Disertai dengan gejala keputihan yang berbeda dari biasanya. Jika terjadi karena bakteri, biasanya terdapat bau amis yang sangat dominan, sering disertai dengan nyeri ketika melakukan hubungan seksual. Tetapi umumnya tidak memiliki gejala,” ujar dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia, pada acara peluncuran Betadine Feminine Wash, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa, 24 April 2018.


(Dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia menyarankan agar wanita selalu membersihkan area kewanitaan mereka dengan cara yang benar. Foto: Victoria Heath/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Menjaga Area Kewanitaan)

“Jika terjadi karena trichomoniasis gejala yang terlihat adalah keputihan yang berwarna kuning sampa kehijauan dan berbusa. Namun 70 persen vaginitis karena trichomoniasis tidak terlihat. Kemudian jika terjadi karena jamur, keputihannya akan berwarna putih susu seperti keju dan rasa gatal yang dominan,” ujar Mery.

Oleh karena itu, ia menyarankan para wanita agar selalu membersihkan area kewanitaan mereka. Jika sudah mengalami keputihan, sebaiknya menggunakan pembersih yang mengandung antiseptik yang bisa membunuh kuman penyakit namun juga bisa mengembalikan kembali bakteri baik dengan cepat.






(TIN)