pekan asi sedunia 2018

Cara Memberikan ASI yang Benar

Raka Lestari    •    Senin, 06 Aug 2018 15:38 WIB
pekan asi sedunia 2018
Cara Memberikan ASI yang Benar
Menurut DR. Naomi, ketika memberikan ASI pada bayi usahakan dilakukan secara tuntas untuk mendapatkan manfaat yang optimal. (Foto: Wes Hicks/Unsplash.com)

Jakarta: Meskipun sudah banyak diketahui bahwa ASI memiliki manfaat yang sangat banyak bagi bayi, mungkin belum banyak yang mengetahui cara memberikan ASI dengan benar. Terutama bagi wanita yang baru pertama kali melahirkan dan baru menjadi ibu.

Mengetahui cara menyusi yang benar sangatlah penting. Hal ini agar para wanita terhindar dari berbagai risiko yang mungkin dialami ketika sedang menyusui, seperti salah satunya adalah puting payudara yang lecet.

"Cara pelekatan yang baik adalah dagu bayi menempel langsung ke payudara ibu, dan usahakan agar mulut bayi terbuka lebar," ujar ujar DR. dr. Naomi Esthernita Dewanto, Sp.A (K), Koordinator Klinik Laktasi Siloam Hospitals Kebon Jeruk, pada acara Monday Health Talk, di RS Siloam Kebon Jeruk, Senin 6 Agustus 2018. 
 
(Baca juga: Kendala Rinni Wulandari ketika Menyusui)


(Mengetahui cara menyusi yang benar sangatlah penting. Hal ini agar para wanita terhindar dari berbagai risiko yang mungkin dialami ketika sedang menyusui, seperti salah satunya adalah puting payudara yang lecet. Foto: Kylie Nieber/Unsplash.com)

"Mulut bayi harus dibiarkan terbuka lebar, jangan hanya sampai puting tetapi juga harus sampai terkena bagian areola sehingga ASI yang masuk juga akan optimal. Selain itu, posisi perut ibu juga harus menghadap ke perut bayi. Ketika menyusui, usahakan telinga ibu dan bahu harus berada pada satu garis yang sama," ujar DR. Naomi. 

Selain itu, terlalu sering memberikan ASI melalui botol juga bisa membuat bayi ketika disusui secara langsung akan menolak sehingga akan menyulitkan ibu ketika ingin menyusui. 

Menurut DR. Naomi, ketika memberikan ASI pada bayi usahakan dilakukan secara tuntas. "Waktu yang ideal untuk memberikan ASI agar dapat mendapatkan manfaat yang optimal adalah dengan menyusuinya selama sekitar 20 menit sampai setengah jam," tutup Naomi. 





(TIN)