Ini yang Terjadi pada Tubuh ketika Anda Menjadi Vegetarian

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 02 Aug 2018 16:18 WIB
diet
Ini yang Terjadi pada Tubuh ketika Anda Menjadi Vegetarian
(Foto: Vegetarian Times)

Jakarta: Menjadi vegetarian dianggap sebagai pilihan diet sehat karena Anda akan lebih banyak mengasup serat. Namun, bagi Anda yang baru melakukannya, biasanya tubuh akan mengalami efek samping yang kurang nyaman sebagai bentuk penyesuaian diri.

Dilansir dari Daily Mail, berikut perubahan yang terjadi pada tubuh ketika Anda mulai beralih menjadi vegetarian. 

1. Beberapa minggu pertama

Perubahan pertama yang langsung dirasakan oleh tubuh saat menjadi vegetarian adalah lemas karena tubuh tak mendapat asupan lemak dan karbohidrat seperti biasanya. Tubuh juga akan mengalami kondisi seperti flu. 

Namun, seiring berjalan waktu, fungsi usus akan menjadi lebih baik dan Anda merasa lebih sehat.

2. Tiga hingga enam bulan

Beberapa bulan menjalani pola makan vegetarian, kondisi kulit biasanya menjadi lebih baik. Namun, tulang biasanya menjadi lebih rapuh karena Anda kekurangan asupan vitamin D yang banyak terdapat pada produk susu.

3. Enam bulan ke atas

Salah satu kekurangan menjadi vegetarian adalah, Anda riskan mengalami kekurangan vitamin B12. Nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan darah dan sel saraf ini banyak ditemukan pada produk hewani.

Konsep diet seimbang pada dasarnya bukan meniadakan nutrisi satu dan menambah nutrisi lainnya, tetapi memenuhi semua asupan nutrisi dengan takaran yang direkomendasikan. Sebelum memutuskan menjadi vegetarian, penting bagi Anda untuk berkonsultasi pada dokter untuk menemukan diet yang tepat. 

Lihat video:





(DEV)