Berapa Lama Sebaiknya Istirahat Total saat Flu?

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 11 Feb 2018 10:37 WIB
tips kesehatan
Berapa Lama Sebaiknya Istirahat Total saat Flu?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Flu parah membuat tubuh tak bisa beraktivitas normal dan istirahat cukup. Jika tubuh sudah merasa baikan, kapankah waktu yang tepat untuk kembali produktif?

"Umumnya, gejala pilek/flu dapat bertahan selama tujuh hingga sepuluh hari. Dan sangat menular saat hari pertama hingga kelima gejala muncul. Bahkan, dalam beberapa kasus, bisa menular hingga dua minggu setelah gejala muncul," terang Margarita Rohr, instruktur klinis pengobatan internal di NYU Langone Health.

Oleh karena itu, Anda harus yakin bahwa penyakit tersebut tak akan menulari orang lain.

Rohr menyarankan agar menghindari aktivitas sosial selama lima hingga tujuh hari terkena flu. Sementara, untuk kembali bekerja, sehari setelah demam reda adalah waktu yang tepat.

Namun, jika masih merasa pusing, bersin, atau batuk parah; sebaiknya tetap beristirahat di rumah.

"Dan menurunkan demam lewat acetaminophen atau ibuprofen juga tidak masuk hitungan: Anda masih menular bahkan jika Anda menggunakan obat untuk menurunkan suhu tubuh Anda," kata Dr Rohr.

Namun, jika Anda memaksa untuk bekerja dalam keadaan masih bersin, sebaiknya membawa tisu atau menutupinya dengan siku. "Jangan menutupi batuk atau bersin dengan tangan."

Normalnya, dibutuhkan istirahat total selama dua hingga tiga hari, bahkan satu minggu, agar bisa merasa baikan dan tak menularkannya ke orang lain.


 


(DEV)