Kenali Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Tak Biasa

Torie Natalova    •    Rabu, 11 Oct 2017 08:22 WIB
kesehatan jantung
Kenali Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Tak Biasa
(Foto: Energeticnutrition)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut data yang diperoleh Centers for Disease Control and Prevention, penyakit jantung adalah pembunuh wanita terbanyak di Amerika. Hampir dua pertiga wanita kehilangan nyawa mendadak karena penyakit jantung koroner dan tidak memiliki gejala sebelumnya.

Sebagian besar dari kita cenderung mengetahui gejala serangan jantung yaitu nyeri dada atau nyeri pada lengan. Tetapi, para ahli mengatakan, selain gejala umum tersebut, wanita juga rentan terhadap penanda serangan jantung yang tak jelas.

Gejala pada wanita dan pria berbeda menurut kepala divisi kardiologi Michigan State University, George S. Abela. Gejala yang tak umum ini yang menurut George membuat wanita mengabaikan gejala atau tidak menyadari bahwa mungkin ini adalah serangan jantung.

Sementara itu, ahli jantung Nicole Weinberg mengaku telah melihat pasien wanita yang terkena serangan jantung dan mengatakan dirinya mengalami sakit punggung yang datang tiba-tiba dan meningkat sepanjang hari. Muntah, keringat yang tak biasa dan datang tiba-tiba, hingga mual, adalah kemungkinan gejala penyakit jantung.

Ahli jantung Sharonne Hayes mengatakan, gejala serangan jantung paling umum untuk pria dan wanita adalah rasa tidak nyaman di dada seperti sakit atau bahkan hanya merasakan tekanan. Kelelahan yang mendalam juga salah satu gejala umum penyakit jantung.

Memang, gejala tersebut bisa jadi gejala dari masalah kesehatan atau penyakit umum lainnya. Tetapi, jika Anda merasa ada sesuatu yang tak nyaman, segera hubungi dokter.

Hal yang terpenting menurut Dr Nicole, setiap orang dapat mengalami gejala penyakit jantung ini. Tidak harus perokok, orang gemuk atau yang gemar mengonsumsi makanan cepat saji.




(DEV)