Benarkah Pasien Koma Masih Bisa Mendengar?

Raka Lestari    •    Kamis, 12 Oct 2017 18:00 WIB
studi kesehatan
Benarkah Pasien Koma Masih Bisa Mendengar?
(Foto: Telegraph)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seringkali kita mungkin bertanya-tanya, apa yang terjadi ketika kondisi seseorang sedang kritis dan koma. Apakah mereka benar-benar tertidur dan tak merasakan apapun?

Jawabannya, mereka masih bisa mendengar apa saja yang terjadi di ruangan tempat mereka dirawat.

Ada banyak hal yang terjadi saat tubuh seseorang akan mengalami kematian. Mereka tidak mau makan atau minum, mereka lelah, mereka tidak bisa bicara, mereka tidak bisa melihat, dan gejala lainnya. Tapi ada satu indra yang cenderung bertahan lebih lama daripada indra lainnya, yaitu indra pendengaran.

Dilansir dari Lifehacker, seorang pensiunan perawat mengatakan, "Bila seseorang sedang dalam keadaan sekarat, indra pendengarannya masih dapat berfungsi. Jadi, hati-hati dengan apa yang Anda katakan dan perhatikan kata-kata dihadapan seseorang yang sedang dalam kondisi kritis. Sebaiknya tidak membicarakan orang yang sedang sekarat di dalam ruangan yang sama dengan orang yang sedang mengalami kritis.Pergilah ke luar ruangan agar mereka tidak bisa mendengar Anda atau orang lain. Selalu gunakan kata-kata yang baik, dan katakan bahwa Anda menyayanginya."

Cobalah perlakukan seakan-akan mereka seperti sedang dalam keadaan sadar. Bicaralah dengan mereka secara normal, jaga agar tidak membicarakan pembicaraan yang menakutkan, mengerikan, dan muram bahkan jika Anda berbicara dengan orang lain. Dan perhatikan juga apa yang Anda tonton di televisi.




(DEV)