Suntik atau Mengonsumsi Minuman Berkolagen, Mana yang Paling Efektif Bikin Kulit Awet Muda?

Nia Deviyana    •    Kamis, 19 Oct 2017 18:35 WIB
kecantikan
Suntik atau Mengonsumsi Minuman Berkolagen, Mana yang Paling Efektif Bikin Kulit Awet Muda?
(Foto: Yomaks)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring bertambahnya usia, produksi alami kolagen di dalam tubuh akan menurun. Hal tersebut dapat memicu munculnya tanda penuaan seperti keriput, kulit kusam, dan kering. Itu sebabnya, menambah asupan kolagen dari luar tubuh sangat penting agar proses penuaan dapat dihambat.

Saat ini, suntik dan mengonsumsi minuman berkolagen menjadi cara instan yang digemari kaum hawa untuk meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh. Namun, manakah yang paling efekif?

"Kalau suntik kolagen memang diserapnya lebih cepat dibanding minum minuman berkolagen yang harus dicerna lebih dulu. Tetapi untuk suntik, efek negatifnya kolagen bisa mengkristal kalau ginjalnya enggak dalam kondisi baik. Jadi memang lebih disarankan yang diminum saja," ujar dr Fitria Amalia, Sp.KK dalam peluncuran minuman berkolagen Kinohimitsu di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017).

Begitu juga dengan body losion kolagen, tambah Fitria, efeknya tidak sebaik suntik atau minuman berkolagen.

"Kolagen itu molekulnya susah diserap, jadi kalau topikal (oles) kurang ada efeknya," tukasnya.

Kebutuhan kolagen untuk usia 20 tahun berkisar antara 1.000 mg hingga 5.000 mg. Selain diproduksi secara alami oleh tubuh, sumber kolagen juga bisa diperoleh dari ikan, brokoli, tomat, serta buah dengan kandungan vitamin C seperti jeruk dan berry.

Fungsi kolagen sendiri sebenarnya bukan hanya untuk melindungi kulit agar tetap kencang dan kenyal, tetapi juga membantu dalam hal pembentukan tulang, persendian, pertumbuhan rambut, gigi, dan sebagian besar organ utama tubuh.


 


(DEV)