Bicara dengan Diri Sendiri Ternyata Bikin Otak Cerdas

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 31 Oct 2017 17:22 WIB
kesehatan
Bicara dengan Diri Sendiri Ternyata Bikin Otak Cerdas
Bicara dengan diri sendiri bikin otak jadi cerdas (Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda mendapat tatapan aneh dari seseorang saat ketahuan berbicara dengan diri sendiri? Ya, beberapa orang memang menganggap berbicara dengan diri sendiri bukan hal yang lazim.

Namun, jangan berkecil hati. Sebuah studi menemukan, bicara dengan diri sendiri bisa membuat Anda lebih cerdas.

Tujuan berbicara tak hanya berkomunikasi dengan orang lain, melainkan juga sebagai bentuk refleksi pada diri sendiri. Para psikolog menyebutnya sebagai self-talk eksternal, sebuah konsep yang telah muncul sebagai alat penting untuk merefleksi diri dan penyelesaian tugas.

Tulisan Learn Better dalam Harvard Business Review menjelaskan bahwa self-talk eksternal  ini tak sekadar percakapan dengan diri sendiri, tetapi juga menjadi proses dari  menjelaskan sesuatu kepada diri sendiri.

Anda berbicara sendiri melalui semua hal yang telah Anda pelajari, seolah-olah Anda sedang mengejar orang lain. Karena pengajaran adalah salah satu cara terbaik untuk memahami subjek dengan memusatkannya pada diri sendiri, sehingga Anda cenderung belajar hal-hal yang lebih baik.

Pembicaraan batin membantu Anda bisa mengatur pikiran dengan lebih baik dan menyesuaikan diri dengan situasi dinamis. Sehingga ini akan membuat diri Anda lebih fokus.

Self-talk  juga bisa meningkatkan proses pemikiran Anda ke dalam tindakan. Jadi tak perlu takut atau risih jika ada orang memandang sebelah mata saat Anda melakukannya.




(DEV)