Ini Manfaat dari Rumah yang Bersih

   •    Jumat, 02 Mar 2018 06:00 WIB
tips & trik
Ini Manfaat dari Rumah yang Bersih
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari rumah yang bersih. (Foto: Roberto Nickson (@g)/Unsplash.com)

Jakarta: Memiliki rumah yang bersih dan rapi tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, membersihkan dan merapikan rumah terkadang menjadi tugas yang cukup menyebalkan bagi beberapa orang. 

Membersihkan rumah memang merupakan kegiatan yang cukup melelahkan. Tapi Anda perlu rutin melakukannya karena selain membuat rumah Anda menjadi bersih dan indah, membersihkan rumah rupanya memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari rumah yang bersih.

1. Mencegah infeksi
Ketika Anda menggunakan disinfektan untuk membersihkan rumah Anda, Anda menyingkirkan mikroba, virus dan jamur. Artinya, Anda terhindar dari beberapa masalah yang dapat menyebabkan Anda sakit. Selain itu, Anda juga terhindar dari bakteri patogen yang berpotensi membahayakan kesehatan Anda.

2. Membakar kalori
Membersihkan rumah setidaknya membuat Anda banyak bergerak dan ini setidaknya dapat memebakar sekitar 200 kalori per jam. Memotong rumput, menyapu atau mengepel, mencuci dan mengeringkan piring adalah beberapa aktivitas membersihkan rumah yang mampu membakar kalori Anda.

3. Meringankan stres
Tinggal di tempat yang bersih dan rapi tentu saja membuat Anda tenang lantaran terbebas dari kekacauan. Hal inilah yang membuat Anda bisa bersantai sehingga mengurangi stres dan kecemasan. Bahkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine mengungkapkan bahwa 20 menit membersihkan rumah dapat mengurangi kecemasan dan stres sebanyak 20 persen.


(Membersihkan rumah setidaknya membuat Anda banyak bergerak dan ini setidaknya dapat memebakar sekitar 200 kalori per jam. Foto: Paul/Unsplash.com)

(Baca juga: Bersihkan Enam Area Ini agar Rumah Bebas Debu)

4. Membantu mengontrol amarah
Melampiaskan amarah tidah harus kepada pasangan atau orang-orang di sekitar Anda. Namun membersihkan rumah adalah cara terbaik bagi Anda untuk menyingkirkan kemarahan dan frustasi.

Jadi jika Anda memiliki amarah terpendam akibat pertengkaran dengan pasangan atau dari pekerjaan, raih alat pembersih rumah Anda dan lampiaskan kemarahan Anda. Amarah Anda bisa tersalurkan dengan baik dan rumah pun jadi bersih.

5. Meningkatkan konsentrasi
Rumah yang berantakan dapat mengalihkan perhatian dan fokus Anda. Tentu saja Anda membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra untuk mengatasi dan membersihkan rumah Anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa Anda kan lebih fokus pada pekerjaan di depan Anda.

6. Mengontrol alergi
Rumah yang bersih tentu saja akan terhindar dari debu dan alergi. Alergi disebabkan oleh bakteri yang mengiritasi mata, tenggorokan, dan hidung. Jika rumah Anda bersih, otomatis Anda akan terbebas dari ancaman alergi. 



Ningtriasih







(TIN)