6 Makanan untuk Mengatasi Sakit Kepala

Torie Natalova    •    Senin, 13 Nov 2017 14:36 WIB
6 Makanan untuk Mengatasi Sakit Kepala
Ceri mengandung komponen yang mengubah oksida nitrat dalam darah, yang dapat membantu melawan sakit kepala. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sakit kepala atau migrain bisa menyerang kapan saja. Nyeri yang tak tertahankan di area kepala ini tak jarang dapat mengganggu aktivitas Anda bahkan tak sedikit pula yang merasakan mual di bagian perut.

Ada beberapa makanan yang dapat Anda tambahkan dalam hidangan sehari-hari untuk mencegah sakit kepala datang dan mengganggu rutinitas Anda seperti berikut.



1. Susu rendah lemak
Salah satu pemicu utama sakit kepala adalah dehidrasi. Hindari alkohol dan makanan yang tinggi sodium atau terlalu asin adalah kunci untuk tubuh tetap terhidrasi dan mencegah sakit kepala. Susu kaya akan mineral penting seperti kalsium dan potasium yang memiliki dampak sebaliknya dari makanan tinggi garam.



2. Ikan berlemak
Makanan yang tinggi vitamin B seperti B6, B12 dan asam folat dapat membantu menurunkan risiko sakit kepala. Ikan salmon dan tuna memiliki vitamin B yang tinggi.



3. Melon

Buah melon kaya akan cairan dan potasium yang dapat mengobati sakit kepala akibat dehidrasi dan makanan asin. Melon juga mengandung magnesium yang membantu menstabilkan gula darah bagi penderita diabetes. Kadar gula darah yang rendah juga dapat memicu sakit kepala, sehingga mengonsumsi magnesium dapat mengatur kadar gula darah Anda.

(Baca juga: Perbedaan Sakit Kepala Biasa dan Migrain)



4. Kentang
Seperti melon, kentang kaya akan potasium yang dapat membantu mengatasi rasa sakit kepala akibat dehidrasi. 



5. Ceri
Makan buah apapun dapat membantu mengatasi sakit kepala karena ini salah satu cara memasukkan cairan ke dalam tubuh. Ceri mengandung komponen yang mengubah oksida nitrat dalam darah, yang dapat membantu melawan sakit kepala. Selain ceri, beet juga memiliki khasiat yang serupa.



6. Air putih
Tetap terhidrasi adalah salah satu kunci penting yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah sakit kepala. Melewati waktu makan juga bisa menjadi pemicu sakit kepala terutama jika Anda memiliki masalah gula darah. Melewati waktu makan dapat mengacaukan kadar gula darah Anda.








(TIN)