Studi: Jamur Terbukti Dapat Mencegah Penuaan

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 11 Nov 2017 15:27 WIB
studi kesehatan
Studi: Jamur Terbukti Dapat Mencegah Penuaan
Jamur Terbukti Dapat Memperpanjang Umur (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry menyebutkan bahwa jamur jenis tertentu dapat membantu mencegah penuaan. 

Para peneliti dari Pennsylvania State University tersebut sebelumnya sudah mengetahui bahwa jamur adalah sumber terbesar dari antioksidan bernama ergothioneine. Namun tak banyak yang tahu bahwa jamur juga mengandung antioksidan lain, yaitu glutathione. 

Selain itu, tingkat antioksidan bervariasi di berbagai jenis jamur, sehingga para peneliti ingin mengetahui spesies mana yang paling banyak memiliki kedua bahan kimia tersebut. 

"Teori tentang jamur mencegah penuaan telah ada sejak lama. Ketika mengoksidasi makanan kita untuk menghasilkan energi, ada sejumlah radikal bebas yang diproduksi yang merupakan produk sampingan dari tindakan tersebut dan banyak di antaranya cukup beracun," tukas Robert Beelman selaku peneliti. 

"Tubuh memiliki mekanisme untuk mengendalikan sebagian besar radikal bebas, termasuk ergothioneine dan glutathione. Namun akhirnya radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan, yang dikaitkan dengan banyak penyakit penuaan, seperti kanker, penyakit jantung koroner, dan Alzheimer. "

Namun, perlu disebutkan bahwa teori penuaan radikal bebas kontroversial. Beberapa penelitian hewan pengerat telah menunjukkan bahwa dengan membuang radikal bebas dari sel, mereka dapat memperpanjang umur hewan.

Penelitian lain telah gagal menunjukkan bahwa melengkapi tubuh dengan antioksidan dapat memperpanjang umur, meskipun antioksidan memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 


 


(ELG)