Makanan Berikut Bisa Lebih Menjaga Kesehatan Gigi

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 24 Oct 2017 17:04 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Makanan Berikut Bisa Lebih Menjaga Kesehatan Gigi
Dengan pola makan yang seimbang dan bergizi, tubuh akan terawat dengan sendirinya dimana gigi kuat, kulit mengilap, dan bentuk tubuh terjaga. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasta gigi adalah salah satu benda yang berperan dalam kebersihan gigi. Namun, ahli nutrisi dan dokter gigi menyebutkan bahwa benda tersebut tidak sekrusial itu.

Dilansir dari Independent.co.uk, dokter gigi asal Australia Dr. Steven Lin mengungkapkan bahwa makanan yang masuk ke dalam mulut sangat memengaruhi kesehatan mulut dan gigi.

Menurutnya, mereka yang terbiasa menyikat gigi atau menggunakan benang gigi tetap akan mengalami gigi berlubang. Oleh karena itu, tanpa menghilangkan kebiasaan tersebut, Dr. Lin menyarankan agar mengonsumsi makanan yang menyehatkan bagian oral tersebut.



"Gigi adalah organ hidup yang membutuhkan nutrisi yang tepat untuk memperkuat dan memelihara enamel dan dentin. Tanpa hal tersebut, gigi Anda tak akan utuh," terang Dr Lin.

(Baca juga: Gigi yang Berjejal Bisa Picu Bau Mulut)

Nutrisi yang dibutuhkan oleh gigi adalah vitamin dan mineral untuk membuat gigi tetap kuat dan sehat secara alami.

Namun, jika Anda tak bisa memenuhinya, bakteri dan asam dalam mulut akan menghambat proses natural tersebut sehingga gigi lebih cepat rusak daripada menguat.

"Tak hanya gula yang menyebabkan gigi berlubang, kurang nutrisi juga demikian. Malnutrisi  adalah salah satu msalah umum dalam pola makan modern Barat saat ini," tukas Dr. Lin.

Ia menekankan bahwa gigi membutuhkan empat vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, K2, dan E. 



Berikut ini beberapa vitamin tersebut:

1. Vitamin A banyak terdapat pada hati sapi, ikan, susu, dan telur. 

2. Vitamin D banyak terdapat pada ikan berlemak, jamur, dan makanan produk susu. Namun, sumber alami terbaik vitamin D adalah sinar matahari.

3. Kemudian, vitamin K2 bisa ditemukan dalam keju lembut, telur, mentega, dan salam. 

4. Vitamin E bisa ditemukan pada bayam, brokoli, dan kacang-kacangan.

Dengan pola makan yang seimbang dan bergizi, tubuh akan terawat dengan sendirinya dimana gigi kuat, kulit mengilap, dan bentuk tubuh terjaga. 










(TIN)