Rempah Ini Mampu Membakar Sel Lemak dalam Tubuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 23 Nov 2017 10:48 WIB
Rempah Ini Mampu Membakar Sel Lemak dalam Tubuh
Proses thermogenesis adalah awal dari penurunan berat badan, dimana para peneliti menyimpulkan bahwa kayu manis dapat membantu proses metabolisme. (Foto: Magda Fou/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi Anda yang berniat menurunkan berat badan, cobalah campurkan bahan kayu manis dalam menu makanan. Para peneliti menemukan bahwa bumbu kayu manis dapat membantu pembakaran lemak pada manusia. 

Cinnamaldehyde adalah minyak esensial yang membantu memberi bumbu rasa khasnya dan telah terbukti melindungi tikus terhadap obesitas pada penelitian sebelumnya.

Kini, para peneliti dari University of Michigan telah mengklaim bahwa minyak tersebut juga mengaktifkan thermogenesis, proses metabolisme tubuh yang membakar kalori untuk menghasilkan panas.

Proses tersebut adalah awal dari penurunan berat badan, dimana para peneliti menyimpulkan bahwa kayu manis dapat membantu proses metabolisme. 


(Para peneliti menemukan bahwa bumbu kayu manis dapat membantu pembakaran lemak pada manusia. Foto: Courtesy of Independent.co.uk)

(Baca juga: Cegah Penyakit Kardiovaskular dengan Kayu Manis)

"Para peneliti sebelumnya telah menemukan bahwa komponen ini dapat memengaruhi metabolisme. Jadi kami ingin tahu bagaimana caranya, apa saja jalur yang terlibat di dalamnya, bagaimana jika terjadi pada sel manusia," terang pemimpin studi Jun Wu, asisten peneliti di Life Sciences Institute.

Wu dan tim menguji sel lemak dari para relawan dan melihat adanya peningkatan ekspresi gen dan enzim yang meningkatkan metabolisme lipid setelah menggunakan cinnamaldehyde.

Ia percaya, jika dicerna oleh manusia, cinnamaldehyde dapat membantu memprovokasi thermogenesis dan proses pembakaran lemak berikutnya dalam tubuh. 

Hingga saat ini, penelitian masih dilakukan di laboratorium sambil melihat apakah ada efek samping yang ditimbulkan. 

"Kayu manis adalah bagian dari bumbu sejak ribuan tahun lalu, dan orang senang dengan rempah ini. Jika dapat membantu melawan obesitas juga, maka akan lebih mudah untuk diterima oleh mereka yang kegemukan."









(TIN)