Anda Ingin Berat Badan Turun? Coba Makan Ikan

Nia Deviyana    •    Rabu, 02 Nov 2016 18:53 WIB
tips kesehatan
Anda Ingin Berat Badan Turun? Coba Makan Ikan
(Foto: Livestrong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ikan merupakan makanan bernutrisi yang tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Setidaknya, ada enam alasan mengapa Anda harus memasukan ikan ke dalam menu Anda sehari-hari.

1. Membantu penurunan berat badan

Makan ikan secara teratur membantu tubuh tetap langsing. Sebab, ikan rendah kalori, namun tinggi kandungan protein.

Karen Ansel, M.S., RDN, penulis buku Healthy in a Hurry Simple menjelaskan, seporsi steak tuna seberat 6 ons mengandung 185 kalori dan 41 gram protein. Jumlah ini tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan sirloin steak yang memiliki 342 kalori dan 38 gram protein.

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menyarankan ikan berdaging putih untuk menekan sinyal lapar.

2. Menyehatkan jantung

Ikan mengandung asam lemak omega-3 tertinggi, nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.

Dalam asam lemak omega-3, terdapat komponen Asam Eicosapentaenoic (EPA) dan Decosahexaenoic Acid (DHA) untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menekan jumlah kolesterol jahat (HDL).

Tubuh tak bisa memproses EPA dan DHA secara alami dalam jumlah yang cukup. Sebab itu, kita harus memenuhi kebutuhan tersebut dari makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi, seperti salmon, tuna, dan trout.

3. Baik untuk Kesehatan Mata

DHA dan EPA juga berkontribusi untuk meningkatkan kualitas penglihatan. Konsentrasi DHA yang tinggi di retina mata memungkinkan Anda bisa melihat dengan baik, meski berada di dalam ruangan berpencahayaan minim.

Sebuah penelitian juga menunjukkan, mereka yang rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 tinggi memiliki kualitas penglihatan yang baik di usia senja.

4. Meningkatkan kecerdasan

Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan menjelaskan, konsumsi makanan laut pada ibu hamil dan yang sedang menyusui memberi efek positif bagi pertumbuhan sel-sel otak bayi. Sayangnya, saat ini ada banyak ikan yang mengandung merkuri.

FDA mengimbau ibu hamil untuk menghindari empat jenis makanan yang memiliki kandungan merkuri tinggi, antara lain ikan dari teluk Meksiko, ikan todak, hiu, dan mackarel.

Namun, beberapa ikan tergolong aman dikonsumsi ibu hamil, termasuk ikan salmon, pollock, ikan tuna, nila, lele dan cod.

5. Tinggi protein

Protein yang tinggi bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menstabilkan kadar gula darah, dan meningkatkan energi. Ikan juga mengandung semua asam amino esensial yang berfungsi memperbaiki jaringan. Selain itu, ikan lebih mudah dicerna karena hanya sedikit memiliki jaringan ikat.

6. Mencegah depresi


Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi ikan lebih minim risiko mengalami depresi. Belum diketahui kandungan apa yang berkhasiat memberi manfaat tersebut. Ikan juga mengandung vitamin B12, yang berkontribusi mencegah demensia.


(DEV)