Belum Genap 25 Tahun, Wanita Ini 2 Kali Alami Stroke

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 16 Mar 2017 16:18 WIB
stroke
Belum Genap 25 Tahun, Wanita Ini 2 Kali Alami Stroke
Porter mengaku mengalami stroke pertama saat berusia 20 tahun ketika masih bersekolah di University of Maine. (Foto: AOL.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang wanita dari Portland, Amerika Serikat bernama Sarah Elizabeth Porter mengaku bahwa dirinya telah mengalami stroke sebanyak dua kali sebelum merayakan ulang tahunnya yang ke 25. 

Porter mengaku mengalami stroke pertama saat berusia 20 tahun ketika masih bersekolah di University of Maine. Saat itu, ia sedang duduk di kelas dan merasa seperti berkabut. 

Ia merasa wajahnya berkedut dan kesemutan disertai sakit kepala. Ketika mencoba berdiri, ia menyadari bahwa dirinya tak bisa merasakan apa pun pada sisi kanan. Ia pun segera menghubungi kedua orangtuanya yang berprofesi sebagai dokter dan menuju UGD. 

Saat sampai di rumah sakit, Porter tak bisa bicara sama sekali, namun para suster mengira ia hanya berpura-pura. Seorang dokter yang menyadari keributan tersebut segera melakukan tindakan. 

Setelah 24 jam, Porter terbangun di ruang ICU dan diberitahu bahwa ia terkena stroke hemoragik. "Saya tak berpikir bahwa akan mengalami stroke saat berusia 20 tahun, usia yang muda dan sehat," ungkapnya pada Inside Edition, seperti dikutip AOL. 

(Baca juga: Penanganan Tepat Manajemen Stroke)

Sekitar 15 persen penderita stroke mengalami jenis stroke ini dengan presentase kematian 40 persen. Hampir 75 persen korban stroke hemoragik berusia lanjut dan 65 persen diantaranya sudah memiliki gangguan medis, seperti merokok, obesitas dan tekanan darah tinggi. 



Lalu, mengapa orang muda bisa mengalaminya?

Untuk kasus Porter, para dokter menemukan bahwa wanita yang kini telah berusia 26 tahun tersebut memiliki cavenoma, sebuah malformasi dalam otak dimana jumlah pembuluh darah tak normal. 

Dokter tak bisa melakukan operasi untuk memperbaiki hal tersebut karena justru dapat meningkatkan peluang Porter terkena stroke jenis lain. 

Saat Porter berusia 24 tahun, kejadian tersebut kembali terulang. beruntung, Porter segera menyadari gejala yang muncul. 

"Saya segera menuju UGD dan menjelaskan bahwa saya pernah mengalami stroke empat tahun lalu dan mengalaminya lagi sekarang," ujarnya. 






(TIN)