5 Tips Agar Handuk Tak Terkontaminasi Bakteri

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 13 Oct 2016 10:41 WIB
tips kesehatan
5 Tips Agar Handuk Tak Terkontaminasi Bakteri
(Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Handuk merupakan salah satu barang penting dalam kehidupan sehari-hari yang rutin digunakan manusia. Mungkin tak banyak yang tahu, handuk bisa menjadi sumber penyakit karena terkontaminasi bakteri.

Menjaga kebersihan handuk menjadi cara sederhana perlu dilakukan agar higienitas tubuh selalu terjaga.

Hindari melakukan lima hal ini, agar handuk tidak terkontaminasi bakteri.

1. Menumpuk/menggantung dua handuk sekaligus

Menggantung dua handuk sekaligus dari dua individu berbeda, akan memicu pertukaran bakteri pada kedua handuk tersebut. Solusinya, gantung handuk secara terpisah dengan jarak agak jauh.

2. Jarang mencuci handuk

Beberapa orang malas mencuci handuk. Hal ini merupakan kebiasaan yang salah. Cuci handuk setiap 2 hari sekali.

3. Hanya punya satu handuk

Kebanyakan orang hanya punya satu handuk yang dipakai bertahun-tahun. Akan lebih baik jika Anda punya beberapa handuk dan dipakai secara bergantian. Segera ganti handuk jika teksturnya sudah menipis.

4. Menggunakan banyak detergen saat mencuci


Handuk memang agak tebal, tetapi bukan berarti Anda butuh banyak detergen untuk mencucinya. Terlalu banyak menggunakan detergen saat mencuci handukakan  mengubah tekstur handuk menjadi kasar, menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman di kulit.

5. Mencuci handuk dengan air dingin

Dilansir Boldsky, disarankan mencuci handuk pakai air hangat. Pasalnya, handuk adalah tempat menempelnya bakteri. Mencuci dengan air hangat dapat membunuh bakteri yang melekat pada handuk.


(DEV)