Cara Tingkatkan Motivasi Berolahraga pada Lansia

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 18 Sep 2016 10:27 WIB
studi kesehatan
Cara Tingkatkan Motivasi Berolahraga pada Lansia
(Foto: hindustantimes.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai faktor menjadi alasan para lansia kehilangan motivasi berolahraga. Namun, sebuah penelitian terbaru menemukan cara baru yang bisa membangkitkan semangat beraktivitas fisik pada mereka.

Studi yang dilakukan program LaughActive memasukan program tertawa di sela olahraga. Hal tersebut, terbukti mampu meningkatkan kesehatan mental, dan rasa percaya diri dalam berolahraga. Tertawa karena stimulasi adalah cara yang ideal untuk meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua, demikian dilansir Boldsky.

Sekitar 96 persen partisipan merasa tertawa menjadi aktivitas menyenangkan di sela melakukan program olahraga. Sebanyak 88,9 persen mengatakan, tertawa menjadi cara yang membantu olahraga semakin mudah dilakukan.

Banyak orang dewasa tidak merasakan keuntungan dari aktivitas fisik yang dilakukan. Terus merasa termotivasi untuk melakukan program tersebut adalah tantangan tersendiri bagi mereka, demikian menurut penelitian.

Adanya pembuat tertawa dianggap bisa membuat orang tua menikmati program olahraga dan terus termotivasi untuk olahraga.

(Baca: Manfaat Olahraga untuk Penderita Diabetes)

Selama enam pekan, para partisipan diundang untuk mengikuti program olahraga selama 45 menit dua kali sepekan yang didalamnya terdapat olahraga tertawa sebanyak 8-10 kali dengan durasi masing-masing 30-60 detik.

Pembuat tertawa mendemonstrasikan bagaimana menguatkan dan merilekskan otot secara ilmiah di sela-sela olahraga yang melibatkan kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas.




(DEV)