Selain Kopi, 4 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi di Dalam Pesawat

Raka Lestari    •    Rabu, 04 Apr 2018 14:31 WIB
tips bepergian
Selain Kopi, 4 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi di Dalam Pesawat
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Saat sedang berada di dalam pesawat, ketika perasaan bosan melanda salah satu hal yang mungkin ingin dilakukan adalah makan.

"Penerbangan adalah lingkungan yang ideal untuk makan," kata Mike Roussell, Ph.D., penasihat nutrisi untuk Men's Health. Perasaan bosan dan kelelahan memicu Anda untuk makan. 

Meskipun menurut Charles Platkin, Ph.D., direktur eksekutif Hunter College's Food Policy Center  kalori yang terdapat pada makanan di pesawat hanyalah sebesar 450 kalori. Namun akan lebih baik lagi jika Anda menghindari beberapa makanan yang terdapat di pesawat seperti berikut ini. 

1. Pretzels

Meskipun berbentuk kecil, pretzel, keripik, dan kue umumnya mengandung sodium dan karbohidrat, mengandung sedikit atau tidak ada nilai gizi sama sekali, kata Ryan Maciel, R.D., ahli diet yang berbasis di Cambridge, MA. Plus, semua kelebihan natrium tersebut dapat menyebabkan tubuh Anda bergantung pada cairan yang membuat Anda merasa kembung dan merasa pusing selama penerbangan.

2. Snack bars

"Perusahaan penerbangan sering berpikir mereka menawarkan sesuatu yang sehat dengan menyediakan oatmeal atau protein bar, tetapi ini sebenarnya tidak menawarkan banyak nutrisi," kata Platkin.  Anda sebaiknya memiliki hummus dengan sayuran yang ditawarkan di beberapa maskapai, yang mengandung vitamin, mineral, serat, dan protein.

3. Lasagna 

Karbohidrat berat seperti pasta dengan saus krim, keju, roti, muffin, atau kue  akan membuat Anda merasa "lesu, cepat marah dan tidak kenyang - kenyang," kata Platkin. "Kadar gula darah Anda akan melonjak dan kemudian turun drastis yang akan berdampak negatif terhadap perasaan Anda."

4. Kacang-kacangan dan brokoli

Guillaume de Syon, Ph.D., seorang profesor di Albright College yang meneliti sejarah makanan maskapai penerbangan mencatat bahwa beberapa sayuran, seperti kacang. brokoli, dan kecambah bisa berdampak buruk pada tubuh Anda. Ini karena prebiotik yang disebut oligosakarida yang sulit diproses oleh tubuh Anda terutama akan lebih buruk jika terkena tekanan udara pada kabin pesawat. 

5. Kopi

Kopi  juga dikenal sebagai diuretik yang berarti Anda harus terus menerus buang air kecil selama penerbangan dan bisa membuat Anda mengalami dehidrasi.

"Karena udara di kabin akan diolah kembali atau ditukar setiap empat menit sekali secara rata-rata, itu hal itu membuat Anda mudah dehidrasi dan mengubah Anda menjadi mudah lelah," kata de Syon.


Lihat video:





(DEV)