Mengenali Ciri Tabir Surya Kadaluwarsa

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 17 Apr 2018 12:19 WIB
tips kesehatan
Mengenali Ciri Tabir Surya Kadaluwarsa
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menggunakan tabir surya menjadi tahap dasar perawatan kulit dari paparan sinar matahari. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya tanggal kadaluwarsa dari losion yang Anda gunakan. 

Dr Mervyn Patterson dari Woodford Medical mengungkapkan bahwa sama seperti produk kecantikan lainnya, tabir surya juga bisa kedaluwarsa. Bagaimana ciri-cirinya?

Jika Anda tak bisa mengingat kapan tabir surya pertama kali digunakan, lihatlah bagaimana tekstur krim untuk melihat apakah masih layak digunakan atau tidak. Jika bau krim sudah berbeda dari pertama kali memakai, sebaiknya tidak menggunakan krim tersebut lagi. 

Jika memang sudah kedaluwarsa, fungsi tabir surya tidak lagi maksimal, bahkan justru bisa membahayakan. Tabir surya kedaluwarsa juga bisa memberi reaksi pada kulit, seperti iritasi. 

Bagaimana penyimpanan tabir surya yang baik?

Ketahanan tabir surya bergantung pada cara penyimpanan. Sebaiknya simpan krim di tempat yang teduh, sejuk, dan kering. Hindari paparan sinar matahari secara langsung karena hal tersebut dapat merusak formula krim. 

Selain itu, NHS juga menyarankan agar menggunakan tabir surya 30 menit sebelum bepergian atau terkena sinar matahari. Orang dewasa disarankan mengoleskan sekitar dua sendok teh makan tabir surya pada seluruh tubuh bila menggunakan pakaian renang. 

Gunakan berulang bila kulit terkena air, dikeringkan dengan handuk, atau berkeringat. 


Lihat video:




(DEV)