Studi: Motivasi Makin Bergeser Seiring Bertambahnya Usia

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 06 Jul 2018 16:56 WIB
kesehatanstudi kesehatan
Studi: Motivasi Makin Bergeser Seiring Bertambahnya Usia
Studi mengatakan bahwa generasi yang lebih tua lebih terinspirasi oleh pasangan, keluarga, dan alam. (Foto: Jan Phoenix/Unsplash.com)

Jakarta: Studi dari YouGov menyimpulkan bahwa motivasi akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. 

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa orang muda lebih termotivasi oleh pencapaian, uang, dan entusiasme dari orang lain. Sementara generasi yang lebih tua lebih terinspirasi oleh pasangan, keluarga, dan alam.

Persentase orang muda dan orang tua yang didorong pencapaian sebagai motivasi memiliki selisih lebih dari dua kali lipat, yaitu 44 persen dan 21 persen. Sementara, angka lebih lebih kecil dalam motivasi uang, yaitu 26 persen dan 9 persen. Sebanyak 28 persen orang dewasa berusia 25 tahun mengaku termotivasi oleh antusiasme orang lain. 

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, antusiasme dari orang lain kurang berperan dalam memotivasi kita, dimana hanya 15 persen dari yang berusia di atas 60 tahun yang menyatakannya sebagai faktor pendorong.

Bertentangan dengan kepercayaan populer, menjadi ramah adalah prioritas bagi mereka yang semakin mendekati usia senja, dimana 32 persen dari mereka yang berusia di atas 60 tahun dimotivasi oleh bersikap ramah, dibandingkan dengan 27 persen dari 18-24 tahun dan 20 persen dari 25-39 tahun.

(Baca juga: 3 Langkah Tingkatkan Lagi Motivasi Olahraga Anda)


(Studi dari YouGov menyimpulkan bahwa motivasi akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Orang muda lebih termotivasi oleh pencapaian, uang, dan entusiasme dari orang lain. Sementara generasi yang lebih tua lebih terinspirasi oleh pasangan, keluarga, dan alam. Foto: Dane Deaner/Unsplash.com)

Selain itu, citra tubuh menjadi kurang penting seiring dengan bertambahnya usia. Namun, penelitian tersebut menemukan bahwa begitu kita mencapai usia 60-an, penampilan pribadi mendorong kita lebih dari sekali lagi.

Lebih dari seperempat (26 persen) dari partisipan berusia 18-24 tahun dan lebih dari partisipan berusia 60-an (29 persen) dimotivasi oleh menjaga diri mereka sendiri. Sementara 22 persen dari partisipan berusia 25-39 tahun dan 21 persen dari mereka yang berusia 40-59 tahun juga berpikiran serupa. 

Dan terlepas dari apakah itu karena kita memiliki lebih banyak atau tidak, uang tidak lagi menjadi motivasi seiring dengan berjalannya waktu. 

Satu dari empat (26 persen) dari 18-24 tahun didorong oleh keuntungan finansial, tetapi angka tersebut turun menjadi hanya 9 persen pada orang berusia di atas 60 tahun.

Namun, motivasi karena uang sepertinya memang menurun dan keinginan untuk menikmati alam meningkat. Sebanyak 16 persen partisipan yang berusia 18-24 tahun termotivasi oleh pemandangan yang indah, jalan-jalan di pesisir dan menikmati udara segar. Sementara 27 persen mereka yang berusia di atas 60 tahun cenderung menghargai waktu mereka saat berada di alam.




(TIN)