Gejala Kanker Tenggorokan yang Seringkali Diabaikan

Raka Lestari    •    Kamis, 26 Jul 2018 16:45 WIB
kanker
Gejala Kanker Tenggorokan yang Seringkali Diabaikan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Seringkali kanker tak memiliki gejala yang spesifik sehingga terlambat dideteksi. Termasuk kanker tenggorokan yang gejalanya tak jauh berbeda dengan radang. 

Dikutip dari Reader's Digest, segera periksakan diri ke dokter apabila Anda merasakan ketidaknyamanan di area tenggorokan seperti berikut ini. 

1. Terdapat benjolan di leher

Benjolan di area tenggorokan bisa mengindikasikan berbagai macam hal. "Namun, benjolan yang berada tepat di bawah rahang harus diwaspadai," kata Eric Genden, MD, ketua THT di Mount Sinai Health System di New York. 

2. Perubahan pada suara

Suara serak merupakan tanda kanker yang kerap disepelekan karena umumnya berkaitan dengan batuk atau radang tenggorokan. 

American Cancer Society menyarankan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila suara serak tidak sembuh selama 2 minggu. 

3. Terasa ada yang mengganjal di tenggorokan

Jika Anda selalu merasa ada sesuatu yang menghalangi tenggorokan Anda, mungkin itu bisa terjadi karena ada tumor yang menutupi sebagian tenggorokan Anda.  

"Ini adalah petunjuk yang sangat umum. Orang-orang merasakan ada sesuatu di sana tetapi mereka tidak dapat melihatnya," kata Dr Genden. Kesulitan menelan juga bisa menjadi salah satu tanda awal kanker tenggorokan.

4. Batuk berdarah

Banyak kondisi selain kanker yang dapat menyebabkan Anda batuk atau muntah darah, seperti pneumonia atau bronkitis. Begitu juga dengan kanker tenggorokan yang salah satu gejalanya adalah mengalami batuk berdarah. 

5. Sakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh

Jika Anda tidak sedang sakit, namun mengalami sakit dan gatal pada tenggorokan yang terjadi secara terus menerus, itu bisa jadi merupakan gejala awal kanker tenggorokan. Tumor yang terbentuk di daerah di bawah pita suara sering menyebabkan gejala kanker tenggorokan ini, menurut American Cancer Society.




(DEV)