Pecinta Anjing, Ini Alasan Tidak Boleh Memberi Hewan Kesayangan Anda Makanan Manis

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 26 Dec 2017 11:31 WIB
tips & trik
Pecinta Anjing, Ini Alasan Tidak Boleh Memberi Hewan Kesayangan Anda Makanan Manis
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Saat liburan, orang-orang cenderung kebanyakan mengonsumsi makanan manis. Namun, jangan sampai hewan peliharaan Anda mengalami hal serupa.

"Para dokter hewan melihat adanya peningkatan penyakit karena makanan, terutama karena cokelat yang sulit dicerna oleh hewan, dari Halloween hingga Natal," ujar Michael Topper, pemimpin American Veterinary Medical Association.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Vet Record tersebut menganalisa data medis hewan elektrobik di Inggris dan menemukan adanya kenaikan signifikan dalam keracunan cokelat kanin selama masa Natal. Penyebabnya adalah coklat, kue, dan minuman manis.

Coklat berbahaya pada hewan peliharaan karena mengandung theobromine, diuretik dan stimulan, kafein, lemak, berbagai gula, dan pemanis.

"Anjing dan kucing lebih sensitif terhadap theobromine dan kafein daripada manusia, jadi hal itu akan sangat berpengaruh. Dampaknya, terjadi rangsangan sistem saraf yang lebih banyak, sehingga bisa menyebabkan mereka buang air kecil lebih sering dan detak jantung menjadi lebih cepat," jelasnya.

Ia menambahkan, kandungan lemak tinggi bisa menyebabkan masalah lain, dari diare sampai pankreatitis.

Tingkat keparahan penyakit juga berdasarkan konsentasi dan jumlah cokelat yang dikonsumsi, serta ukuran hewan.

"Jika mereka makan sekeping coklat pekat dan beberapa bungkus permen, maka Anda dalam masalah."

Ciri dari anjing yang mengalami masalah terkait percernaan adalah hiperaktif, gelisah, minum berlebihan, sering buang air kecil, terhuyung-huyung, diare, muntah dan dalam kasus yang ekstrem, kejang.




(DEV)