Tidak Bermimpi Saat Tidur Pertanda Depresi?

Nia Deviyana    •    Selasa, 24 Oct 2017 15:53 WIB
kesehatan
Tidak Bermimpi Saat Tidur Pertanda Depresi?
(Foto: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seberapa sering Anda bermimpi ketika tidur mungkin terkesan seperti pertanyaan sepele. Namun, tidak bermimpi sama sekali ketika tidur ternyata berhubungan dengan kualitas tidur yang buruk, bahkan bisa berdampak berbahaya bagi kesehatan.

Berdasarkan pengamatan Dr Rubin Naiman, peneliti di Pusat Pengobatan Integratif di Universitas Arizona terhadap orang Amerika, tidak bermimpi ketika tidur berkaitan dengan krisis kesehatan. Menurutnya, bermimpi merupakan bagian penting dari kesehatan fisik, mental, dan spiritual seseorang.

"Banyak orang melihat tidur dan bermimpi sebagai kebutuhan sekunder dan sekadar rutinitas. Padahal, efeknya jauh lebih banyak," ujar Naiman dilansir dari Prevention.

Mimpi merupakan efek positif dari tidur nyenyak yang dikenal dengan REM, sebuah tahap dimana otak bekerja secara aktif ketika tidur.. Jika Anda tak bermimpi sama sekali, ada kemungkinan Anda tidak cukup tidur sebelumnya, atau tidur Anda tidak cukup berkualitas.

Naiman berpendapat, tekanan jadwal kerja, konsumsi alkohol, dan obat menjadi alasan yang merusak kualitas tidur. Naiman menambahkan, kurangnya REM berkaitan dengan risiko depresi, penurunan memori, serta obesitas.

Di sisi lain, beberapa ilmuwan tidak sependapat dengan Naiman. Patrick Fuller, ahli saraf yang mengkhususkan diri dalam penelitian tidur di Harvard Medical mengatakan bahwa REM tidak terlalu berdampak terhadap kesehatan.

"Kami memiliki beberapa data bahwa REM penting untuk aspek memori tertentu, tetapi ada juga individu yang memiliki REM sedikit atau tidak sama sekali tetapi tetap sehat." ujar Fuller.

Meski demikian, Fuller sependapat bahwa kualitas tidur yang kurang baik menjadi masalah krusial yang berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Ia pun memberi tips agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, yakni bangun pada waktu yang sama setiap hari, tidak menggunakan komputer atau ponsel sebelum tidur, dan bangun tidur tanpa bantuan alarm.




(DEV)