4 Olahraga Terbaik untuk Tetap Bugar

Torie Natalova    •    Kamis, 19 Oct 2017 14:39 WIB
kesehatan
4 Olahraga Terbaik untuk Tetap Bugar
Latihan dengan gerakan lambat dan menenangkan ini bagus untuk memusatkan konsentrasi dan mengurangi ketegangan. (Foto: Ivan Svoboda/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apabila Anda termasuk orang yang malas pergi ke pusat kebugaran atau fitness, tak perlu khawatir untuk menjaga tubuh tetap sehat. Seorang dokter asal Harvard telah menemukan olahraga ringan dan mudah serta dapat dilakukan di mana saja.

Profesr I-Min Lee mengatakan bahwa pihaknya telah menyadari manfaat fisik dan mental yang luar biasa dari berjalan kaki. 

Selain itu, jalan kaki merupakan olahraga mudah yang dapat membantu menurunkan berat badan, membangun otot, memperkuat tulang dan memperbaiki kesehatan jantung juga otak.

Profesor Min Lee juga mengungkapkan bahwa berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak dan memperkuat area otak yang terhubung dengan kehilangan ingatan. Studi juga menunjukkan bahwa hal itu dapat memperbaiki depresi.

Ada empat latihan lain selain berjalan kaki yang bagus untuk kesehatan seluruh tubuh menurut profesor Lee.



(Baca juga: 11 Tips Yang Membuat Jogging Menyenangkan)

1. Berenang
Olahraga ini mempekerjakan setiap otot di tubuh, mengurangi stres dan karena berdampak ringan, berenang cocok untuk orang dengan sendi yang lemah.

2. Tai chi
Latihan dengan gerakan lambat dan menenangkan ini bagus untuk memusatkan konsentrasi dan mengurangi ketegangan. Ini juga bisa membantu orang tua mempraktekkan keseimbangan.

3. Latihan kekuatan
Ini melibatkan latihan beban dan hambatan termasuk push up dan dapat membantu membangun otot. Latihan beban memperkuat tubuh Anda dan terhindar dari mudah cedera.

4. Latihan kegel
Latihan ini dapat memperkuat ruang panggul menjadi sempurna terutama saat Anda bertambah tua. Lee menyarankan Anda untuk latihan lima kali sehari dengan melakukan kontraksi otot selama dua sampai tiga detik, lalu lepaskan dan ulangi ini sebanyak 10 kali.










(TIN)