5 Buah Pencegah Asam Lambung

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 10 Oct 2017 11:37 WIB
kesehatan
5 Buah Pencegah Asam Lambung
Buah pisang tak hanya melindungi perut dari tingginya kadar asam, namun juga membantu dalam membangun kembali bagian yang rusak dari dinding perut. (Foto: Pablo Varela/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika sedang berpuasa atau tak makan sesuatu dalam waktu lama, kondisi perut akan menjadi asam. Biasanya, makan berat atau konsumsi obat dapat meredakan rasa tak nyaman tersebut. 

Namun, bila ingin solusi yang lebih menyehatkan, berikut adalah beberapa jenis buah-buahan yang bisa membantu mengatasi kelebihan asam dalam perut tersebut. 



1. Amla
Buah yang juga disebut melaka ini sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan kering atau satu sendok teh sari buah untuk meredakan keasaman dalam perut. Buah ini mengandung kimia yang dapat mempercepat proses pencernaan sehingga dapat mencegah mag. 



2. Melon
Melon berjenis muskmelon dapat menurunkan kadar pH dalam perut. Buah ini juga dapat mencegah kerusakan pada membran mukus sehiangga dapat menurunkan risiko serangan asam dalam perut. 

(Baca juga: Minuman untuk Menetralisir Asam Lambung)



3. Apel
Konsumsi buah ini setelah makan berat dapat membantu meredakan sakit perut karena keasaman. Apel dapat menetralisi asam dengan cara menciptakan lingkungan yang didominasi alkalin dalam perut. 



4. Pir
Pir memiliki kadar asam sebesar 3,5 hingga 4,6 sehingga dikenal dengan buah penurun asam. Buah ini juga kaya akan serat dan pektin yang dapat mengatasi masalah perut, termasuk keasaman. 



5. Pisang
Buah yang kaya akan kalium ini tak hanya melindungi perut dari tingginya kadar asam, namun juga membantu dalam membangun kembali bagian yang rusak dari dinding perut.











(TIN)