Ini Penyebab Rasa Cemas Setelah Terbangun dari Mimpi Buruk

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 10 Oct 2017 15:03 WIB
psikologi
Ini Penyebab Rasa Cemas Setelah Terbangun dari Mimpi Buruk
Menurut CalmClinic, mimpi cemas dan terbangun dengan kondisi yang sama dapat menjadi siklus yang ganas. (Foto: Tanja Heffner/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkan Anda terbangun dalam keadaan cemas setelah mengalami sebuah mimpi? Ternyata, tak sedikit orang yang mengalami cemas akibat mimpi. 

"Mimpi cemas, adalah mimpi buruk yang membuat perasaan panik sehingga terbangun dengan rasa cemas," tukas Sarah Emerson. 



Mirip dengan mimpi buruk, namun tipikal mimpi ini menyebabkan seseorang merasa tertekan, sementara mimpi buruk cenderung hanya membuat berkeringat. Kedua jenis mimpi tersebut terjadi saat tidur dalam keadaan nyenyak dimana mimpi yang muncul jelas dan terasa nyata. 

(Baca juga: Sering Mimpi Buruk Pertanda Adanya Masalah pada Kesehatan)

Menurut CalmClinic, mimpi cemas dan terbangun dengan kondisi yang sama dapat menjadi siklus yang ganas. 

"Mimpi buruk bersifat kompleks karena tak hanya disebabkan oleh rasa cemas, namun juga dapat menyebabkan rasa cemas itu sendiri. Mimpi buruk tersebut dapat membuat kurang tidur dan menimbulkan stres dan cemas di siang hari."



Sementara, rasa cemas, umumnya berasal dari pikiran. Sensasi dalam tubuh dan perasaan yang berkaitan dengan rasa cemas muncul karena sifat psikosomatik sistem pikiran dan tubuh kita. 

"Dengan kata lain, ketika kita berpikir dalam kondisi tersebut bahkan jika secara tidak sadar, yang tampaknya merupakan ancaman atau bahaya potensial," tukas terapis Ken Fields. Kemudian, hormon dan bahan kimia yang keluar dari kelenjar menimbulkan pengalaman fisiologis ketegangan, sesak, hingga penyempitan. 









(TIN)