10 Pemicu Umum Asma dalam Keseharian

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 17 Nov 2017 16:44 WIB
10 Pemicu Umum Asma dalam Keseharian
Jamur yang sering kali tak disadari dapat memicu asma dan sulit untuk dihindari. (Foto: Rob Bye/Unsplash.com)

Jakarta: Asma adalah salah satu gangguan pada saluran pernapasan yang dapat kambuh sewaktu-waktu. Beberapa gejalanya adalah sesak napas, mengi, dan dada terasa kencang.

Oleh karena itu, sebisa mungkin penderita menghindari pemicu asma. Berikut adalah beberapa pemicu asma yang bisa disebabkan oleh berbagai hal di sekitar kita, baik secara internal maupun eksternal. 

1. Hewan peliharaan 
Hewan peliharaan adalah pemicu asma yang paling umum dimana penderita biasanya alergi pada bulu hewan yang rontok, seperti kucing, anjing, dan kelinci. 

2. Hubungan seksual
Ketika bersemangat secara seksual, napas akan semakin cepat dan hal itu dapat berujung pada serangan asma. Selain itu, cemas terkait aktivitas tersebut atau mengalami emosi yang berat juga bisa memicu asma. 

3. Alkohol
Beberapa jenis bir dan anggur merah mengandung kadar histamin tinggi, yang dapat memicu gejala asma. Beberapa bahan dalam minuman keras seperti pengawet atau sulfit juga dapat memicu gejala ringan seperti bersin hingga serangan asma. 

(Baca juga: Lilin Aromaterapi, Salah Satu Pencetus Kambuhnya Asma)


(Sebuk sari yang terbang juga bisa jadi pemicu asma. Foto: Caleb Woods/Unsplash.com)

4. Emosional
Asma bisa terangsang ketika penderita mengalami emosional yang kuat, seperti pernikahan kerabat atau stres di kantor. 

5. Bebersih
Membersihkan dan memindahkan perabot pada dasarnya akan membuat debu beterbangan dan terhidup sehingga tak jarang membuat serangan asma kambuh. 

6. Olahraga
Beberapa orang lebih sensiif pada perubahan udara saat bernapas. Olahraga dapat memicu hal tersebut karena cara bernapas yang umumnya lewat hidung, yang menghangatkan dan melembapkan udara, berpindah ke mulut. 

7. Serbuk sari
Sebanyak 80 persen penderita asma mengaku penyakit mereka kambuh karena menghirup serbuk sari sehingga menyebabkan alergi muncul. 

8. Udara
Petir diduga dapat memicu asma karena angin dan udara membawa serbuk sari dan penderita menghirupnya. Akibatnya, saluran pernapasan mengalami iritasi. 

9. Udara panas 
Udara yang panas membuat saluan pernapasan menyempit sehingga orang akan bernapas pendek-pendek. 

10. Jamur
Jamur yang sering kali tak disadari dapat memicu asma dan sulit untuk dihindari. Umumnya, jamur muncul ketika musim hujan yang lembap. 








(TIN)