4 Trik Sederhana Mengatasi Ketagihan Gula

Torie Natalova    •    Jumat, 17 Nov 2017 15:29 WIB
4 Trik Sederhana Mengatasi Ketagihan Gula
Cobalah untuk meningkatkan kadar protein Anda dengan mengonsumsi lebih banyak ikan dan daging berkualitas segar ke dalam makanan Anda. (Foto: Anastasia Zhenina/Unsplash.com)

Jakarta: Sudah bukan rahasia lagi bahwa gula dapat memicu beragam penyakit, mulai dari obesitas hingga diabetes. Meskipun sudah jelas gula atau makanan manis dapat menyebabkan penyakit berbahaya, namun masih banyak orang yang mengonsumsi gula lebih dari dua kali jumlah harian yang disarankan.

Ini disebabkan oleh hasrat atau rasa ingin mengonsumsi makanan manis. Seperti diketahui, ketika keinginan untuk makan makanan manis muncul, akan menjadi sangat kuat dan sulit untuk diabaikan.

Ahli gizi Australia Lyndi Cohen mengatakan bahwa gula adalah sumber energi yang mudah dan cepat. Tubuh Anda diprogram untuk mencari kalori yang ringan. Lyndi mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak terbiasa dengan kebiasaan dan bukan karena mereka membutuhkannya.

Kini, Anda dapat dengan mudah mengatasi keinginan makan makanan manis hanya dengan trik sederhana ini.

(Baca juga: Ini Alasan Ketagihan Makan Gula walau Sudah Makan Nasi)


(Anda bisa mengonsumsi lebih banyak ikan dan daging berkualitas segar ke dalam makanan Anda. Foto: Lizette Carrasco/Unsplash.com)

1. Tunggu satu jam untuk memakan manis
Izinkan diri Anda untuk mendapatkan makanan atau minuman manis. Tapi, tunggu satu jam untuk memakannya. Jika Anda masih merasa menginginkannya, Anda dapat memakannya.

Tetapi, biasanya Anda akan melupakan keinginan tersebut setelah menunggu satu jam. Cara ini membantu Anda mengidentifikasi apakah Anda benar-benar menginginkan gula atau Anda memenuhi hasratnya hanya karena kebiasaan.

2. Gunakan kayu manis 
Cobalah mulai dengan kayu manis. Ramuan ajaib ini dapat membantu mengatur gula darah Anda dan dapat digunakan untuk membakar gula dalam tubuh. Cobalah menambahkannya ke kopi atau teh sebagai pengganti gula. Anda juga bisa menambahkannya ke atas bubur atau dicampur dalam yogurt.

3. Kromium
Anda bisa mencoba mengonsumsi mineral kromium yang juga dikenal untuk mengatur kadar gula darah. Kromium alami banyak terdapat pada brokoli, kacang hijau dan jamur.

4. Protein 
Cobalah untuk meningkatkan kadar protein Anda dengan mengonsumsi lebih banyak ikan dan daging berkualitas segar ke dalam makanan Anda. Jika Anda vegetarian, buncis dan kacang hitam adalah sumber protein yang baik.







(TIN)