Manfaat Melakukan Sirkumsisi atau Sunat pada Pria

Raka Lestari    •    Rabu, 15 Nov 2017 10:44 WIB
Manfaat Melakukan Sirkumsisi atau Sunat pada Pria
Manfaat dari melakukan sirkumsisi diantaranya mengurangi infeksi saluran kemih, mengurangi risiko penyakit menular seksual, dan bisa mencegah kanker pada pria dewasa. (Foto: Hush Naidoo/Unsplash.com)

Jakarta: Sirkumsisi atau yang lebih dikenal dengan sunat di Indonesia beberapa tahun terakhir menarik perhatian luar biasa, khususnya di dunia barat. 

"Manfaat dari melakukan sirkumsisi diantaranya mengurangi infeksi saluran kemih, mengurangi risiko penyakit menular seksual, dan bisa mencegah kanker pada pria dewasa," ujar dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS dalam acara Revolusi Sirkumsisi Tanpa Jarum Suntik di Jakarta, Selasa (14/11/17). 

Menurut dr. Mahdian sirkumsisi atau sunat sendiri dilakukan karena berbagai alasan. Mulai dari alasan agama, kesehatan, bahkan sampai alasan budaya. 



(Baca juga: Kapan Usia yang Tepat untuk Anak Sunat?)

Lalu, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk melakukan sirkumsisi atau sunat pada pria? 

Dr. Mahdian mengatakan bahwa melakukan proses sirkumsisi atau sunat bisa dilakukan kapan saja. Namun akan lebih baik lagi melakukannya ketika masih bayi. 

"Pada saat masih bayi, sebelum dia bisa tengkurap. Salah stunya adalah untuk mencegah trauma pada anak-anak karena pada saat mereka masih bayi mereka tidak ingat apa-apa." ujar dr. Mahdian. 







(TIN)