Studi: Dibanding Pria, Wanita Lajang Lebih Bahagia

Torie Natalova    •    Rabu, 15 Nov 2017 16:35 WIB
Studi: Dibanding Pria, Wanita Lajang Lebih Bahagia
Banyak temuan yang menunjukkan bahwa wanita yang tidak memiliki pasangan memiliki lebih banyak aktivitas sosial dan memiliki banyak teman dibanding wanita yang memiliki pasangan. (Foto: Seth Doyle/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak yang beranggapan bahwa wanita lajang yang mulai menginjak usia 30 tahunan harus segera mencari pasangan untuk menikah. Sedangkan kaum pria seakan tidak memiliki keharusan yang satu ini.

Sebuah studi terbaru membuktikan bahwa wanita sebenarnya dapat hidup lebih bahagia dibanding pria yang belum memiliki pasangan. Studi analis Mintel menemukan bahwa sebanyak 61 persen wanita lajang senang dengan statusnya dibandingkan pria lajang.

Profesor Emily Grundy dari University of Essez mengatakan kepada The Telegraph bahwa alasan mengapa wanita lebih bahagia ketika lajang adalah wanita cenderung "bekerja" lebih keras dalam sebuah hubungan.

(Baca juga: Bagaimana Mengakhiri Hubungan Tanpa Status?)


(Studi analis Mintel menemukan bahwa sebanyak 61 persen wanita lajang senang dengan statusnya dibandingkan pria lajang. Foto: Jeremy Cai/Unsplash.com)

"Ada bukti bahwa wanita menghabiskan lebih lama untuk tugas rumah tangga daripada pria. Dan saya pikir mereka juga melakukan pekerjaan yang lebih emosional," kata Grundy.

Dia menambahkan bahwa wanita sering membentuk ikatan yang lebih kuat dengan teman daripada pria dan ini menyediakan jaringan pendukung yang mungkin tidak dimiliki kaum pria. 

Banyak temuan yang menunjukkan bahwa wanita yang tidak memiliki pasangan memiliki lebih banyak aktivitas sosial dan memiliki banyak teman dibanding wanita yang memiliki pasangan. Sedangkan pria justru sebaliknya. Pria mungkin mendapati diri mereka lebih kesepian saat tidak menjalin sebuah hubungan.

Studi ini menunjukkan khususnya pada wanita yang berusia di atas 45 tahun sangat bahagia ketika sendiri atau tidak memiliki pasangan.








(TIN)