Yoga Wajah Membantu Menunda Proses Penuaan

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 06 Jan 2018 18:14 WIB
yoga
Yoga Wajah Membantu Menunda Proses Penuaan
Yoga Wajah Membantu Menunda Proses Penuaan (Foto: istock)

Jakarta: Sebuah studi membuktikan bahwa olahraga wajah secara rutin dapat menurunkan tanda-tanda penuaan pada wanita paruh baya.

Olahraga wajah, salah satunya yoga wajah, dapat meningkatkan ukuran otot sehingga membuat penampilan semakin kencang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University di Chicago menemukan bahwa olahraga wajah 30 menit secara rutin selama 20 minggu membuat wajah terlihat lebih muda tiga tahun.

Studi tersebut melibatkan sebuah kelompok yang terdiri dari 27 wanita berusia 40 hingga 65 tahun di mana mereka memelajari 32 olahraga yang berbeda dalam waktu satu menit. Gerakan olahraga meliputi membuka mulut untuk membentuk huruf O, tersenyum untuk menaikkan otot leher dan memijat leher dengan jari.

Olahraga lain adalah tersenyum tanpa memperlihatkan gigi.

Para ahli diminta untuk mengestimasi usia para partisipan sebelum dan sesudah penelitian dilakukan dimana kebanyakan menerka dari 50,8 hingga 48,1 tahun.

"Melihat studi ini, kini para individu memilik cara murah dan tak berbahaya untuk terlihat lebih mudah atau menambah perawatan kosmetik atau anti-penuaan lainnya," ujar peneliti Dr Murad Alam, seorang profesor dermatologi di universitas tersebut.

Yoga wajah pertama kali dikembangkan oleh seorang guru yoga di New York bernama Annelise Hagen pada tahun 2007.

Sejak itu, olahraga ini semakin naik daun dan sekarang diajarkan oleh sejumlah profesional. Bahkan ada studio kebugaran wajah yang mengajari teknik olahraga tersebut pada pada klien mereka.


 


(ELG)