Manfaat Konsumsi Susu dan Kayu Manis Sebelum Tidur

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 28 Dec 2017 17:02 WIB
kesehatan
Manfaat Konsumsi Susu dan Kayu Manis Sebelum Tidur
Menambahkan sejumput kayu manis ke segelas susu dan kemudian meminumnya bisa mengobati rasa kedinginan. (Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

Jakarta: Saat Anda mendengar tentang kayu manis, Anda cenderung mengaitkannya dengan bumbu masakan yang berasal dari dapur dan makanan.

Menambahkan sejumput kayu manis ke makanan Anda tidak hanya menambah rasa, tetapi juga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin tidak diperhatikan oleh banyak orang di antara kita.

Kayu manis mengandung sumber antioksidan yang kaya. Selain itu, karena khasiat antimikroba dan anti-inflamasinya, kayu manis membantu melawan flu biasa dan infeksi. Dengan kandungan sumber serat, mangan, kalsium, dan zat besi yang kaya, kayu manis juga dapat membantu melawan infeksi dan sejumlah penyakit lainnya.

Mengonsumsi kayu manis dalam jumlah tertentu membantu menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan yang terpenting membantu menurunkan berat badan.


(Kayu manis mengandung sumber antioksidan yang kaya. Foto: Erwan Hesry/Unsplash.com)

Namun, kita perlu memastikan bahwa kayu manis tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena hal ini dapat menyebabkan efek samping tertentu juga. Dan berikut beberapa manfaat utama minum susu dengan tambahan kayu manis.

(Baca juga: Cegah Penyakit Kardiovaskular dengan Kayu Manis)

1. Pegal-pegal
Kayu manis yang dikonsumsi bersama dengan susu dapat membantu mengurangi rasa sakit yang efektif. Kayu manis bereaksi dengan prostaglandin membantu mengendurkan otot dan memberikan kelegaan dari rasa sakit.

2. Kontrol diabetes
Ambil segelas susu lalu tambahkan sejumput kayu manis dan aduk rata. Minum susu kayu manis ini secara teratur. Hal ini membantu mencegah diabetes, terutama diabetes tipe 2. Dilansir dari Boldsky.com disebutkan bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis membantu mengendalikan diabetes.


(Kayu manis yang dikonsumsi bersama dengan susu dapat membantu mengurangi rasa sakit yang efektif. Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

3. Membantu mencegah insomnia
Jika Anda menderita insomnia, maka minum segelas susu kayu manis sebelum tidur adalah salah satu pilihan terbaik. Kayu manis membantu dalam memberikan efek relaksasi pada saraf dan otot.

4. Mengurangi rasa kedinginan
Kayu manis dikenal dengan khasiat antimikroba yang kaya. Menambahkan sejumput kayu manis ke segelas susu dan kemudian meminumnya bisa mengobati rasa kedinginan.

5. Mengobati sakit tenggorokan
Susu kayu manis sangat efektif dalam mengobati sakit tenggorokan. Dikenal dengan sifat anti-mikroba dan antiinflamasinya yang kaya.










(TIN)