Tiga Cara Mengatasi "Mabuk Gula"

Torie Natalova    •    Minggu, 11 Nov 2018 08:23 WIB
diabetestips kesehatan
Tiga Cara Mengatasi Mabuk Gula
Tiga Cara Mengatasi "Mabuk Gula" (Foto: gettyimages)

Jakarta: Kecanduan akan gula atau makanan yang manis dapat memicu "mabuk gula". Kondisi ini terjadi ketika Anda merasa kelelahan, mual, sakit kepala, sakit perut, mengidam gula tambahan dan mungkin sedikit kecemasan.

"Mabuk gula" ini nyata dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Jika Anda merasa terlalu banyak makan makanan manis dan merasa badan tidak enak, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan diri dari 'gempuran' gula.

1. Buat tubuh banyak bergerak
Olahraga membantu menyeimbangkan gula darah baik dalam jangka pendek maupun panjang. Dalam jangka pendek, ini membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mendorong otot-otot untuk berkontraksi, sehingga menggunakan gula untuk energi. Intinya adalah olahraga dilakukan untuk memompa darah dan otot-otot Anda bekerja.

2. Tambahkan kayu manis ke minuman
Anda mungkin senang minum kopi, teh atau susu sebagai minuman favorit di pagi hari. Apapun minumannya, tambahkan kayu manis yang bagus untuk memulihkan diri dari mabuk gula. Menurut penelitian, kayu manis telah lama digunakan untuk menstabilkan gula darah.

3. Penuhi asupan lemak sehat dan protein
Sebagai alternatif, cobalah memulai hari dengan makanan lezat penuh lemak, serat dan protein yang sehat. Ketiga nutrisi ini memiliki sifat penyeimbang gula darah dan dapat membantu Anda merasa puas. Lemak sehat atau tak jenuh dapat meningkatkan resistensi insulin. Serat dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas, penyakit jantung dan diabetes, sedangkan protein menekan sekresi insulin.

 


(ELG)