Tiga Manfaat Kolagen Buat Tubuh

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 26 Dec 2018 12:55 WIB
kesehatan
Tiga Manfaat Kolagen Buat Tubuh
Kolagen adalah komponen utama kulit Anda. Ini memainkan peran dalam memperkuat kulit dengan cara menjaga elastisitas dan hidrasi kulit. (Foto: Reinaldo Kevin/Unsplash.com)

Jakarta: Kolagen merupakn protein yang paling melimpah-ruah di dalam tubuh kita. Merupakan komponen utama dari pembentukan jaringan ikat seperti tendon, ligamen, kulit dan otot.

Umumnya, kolagen bisa didapatkan dari makanan yang dihasilkan dari hewan ternak. Namun dalam beberapa tahun terakhir mengonsumsi kolagen lewat suplemen menjadi sangat populer bagi mereka yang tengah melakukan program diet.

Kolagen yang dimasukan ke dalam suplemen melewati proses hidrolisis. Proses pemecahan ini membantu memudahkan Anda yang sedang diet untuk mendapatkan kolagen tanpa menambah berat badan.

Mengonsumsi kolagen dapat memiliki beragam manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi nyeri sendi hingga meningkatkan kesehatan kulit. Tentu saja mengonsumsinya juga harus dalam batas moderat. Berikut penjelasannya manfaat lebih lanjut dari kolagen, dilansir Healthline.

1. Dapat meningkatkan kesehatan kulit
Kolagen adalah komponen utama kulit Anda. Ini memainkan peran dalam memperkuat kulit dengan cara menjaga elastisitas dan hidrasi kulit.

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen yang pada dasarnya menyebabkan kulit kering dan keriput. Untuk itu, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen.

Sebab dalam sebuah penelitian, perempuan yang mengonsumsi suplemen mengandung 2,5–5 gram kolagen selama delapan minggu menghasilkan banyak manfaat buat kulitnya. Mengalami kekeringan kulit yang lebih sedikit dan peningkatan elastisitas kulit yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen.

Studi lain menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi minuman yang dicampur dengan suplemen kolagen setiap hari selama 12 minggu mengalami peningkatan hidrasi kulit dan penurunan yang signifikan dalam kerutan dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

(Baca juga: Fungsi Kolagen untuk Kekencangan Kulit)


(Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen yang pada dasarnya menyebabkan kulit kering dan keriput. Foto: Bogdan Glisik/Unsplash.com)

2. Membantu meringankan nyeri sendi
Kolagen membantu menjaga integritas tulang rawan Anda. Sebab kolagen berfungsi menjaga jaringan ikat yang melindungi persendian.

Ketika jumlah kolagen dalam tubuh berkurang seiring bertambahnya usia, risiko tubuh mengalami gangguan sendi degeneratif seperti osteoartritis menjadi meningkat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu memperbaiki gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

Dalam satu penelitian menyebutkan, 73 atlet yang mengonsumsi 10 gram kolagen setiap hari selama 24 minggu mengalami penurunan nyeri sendi yang signifikan saat berjalan dan diam dibandingkan dengan kelompok yang tidak meminumnya.

Studi lain juga menyebutkan bahwa orang dewasa yang mengonsunsi dua gram kolagen setiap hari selama 70 hari mampu melakukan aktivitas fisik yang lebih berat daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Beberapa penelitian juga telah berteori bahwa kolagen dapat mengurangi peradangan sendi akibat kesalahan saat melakukan olahraga. Jika ingin mencoba suplemen kolagen untuk efek penghilang rasa sakit, Anda harus bisa mulai dengan dosis 8-12 gram setiap hari.

3. Bisa mencegah tulang keropos
Secara garis besar tulang kita terbentuk dari kolagen. Zat ini memberikan struktur serta membantu menjaga tulang dalam kondisi yang kuat.

Kolagen dalam tubuh Anda semakin memburuk seiring bertambahnya usia. Kekurangan kolagen juga bisa menyebabkan penurunan massa tulang.

Lambat-laun tulang tanpa kolagen dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah. Kondisi ini juga terkait dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen mungkin memiliki efek tertentu dalam tubuh yang membantu menghambat kerusakan tulang yang mengarah pada osteoporosis.

Dalam satu studi, perempuan yang mengonsumsi suplemen kalsium yang dikombinasikan dengan 5 gram kolagen secara signifikan memiliki kepadatan mineral tulang yang baik.

Bahkan, perempuan yang mengonsumsi kolagen memiliki tujuh persen kepadatan tulang yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang hanya mengonsumsi kalsium tanpa kolagen.




(TIN)