Kenali 5 Tanda Tubuh dalam Kondisi Subur

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 01 Nov 2018 08:47 WIB
kesehatan
Kenali 5 Tanda Tubuh dalam Kondisi Subur
Salah satu cara alami untuk bisa melakukan pembuahan adalah dengan memastikan tubuh dalam keadaan subur. (Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

Jakarta: Salah satu cara alami untuk bisa melakukan pembuahan adalah dengan memastikan tubuh dalam keadaan subur. Selain menghitung secara manual melalui siklus bulanan, ada beberapa pertanda tubuh sedang dalam masa ovulasi. 

Namun ternyata beberapa pertanda tubuh sedang subur cukup mengganggu secara psikologis, yang seringkali tak kamu sadari. Apa sajakah itu?

1. Lebih sensitif dalam penciuman
Jika Anda merasa aroma tubuh pasangan lebih menyengat dari biasanya, bisa jadi itu bukan kesalahan dia.

Beberapa studi menyebutkan bahwa indra penciuman wanita cenderung lebih sensitif, meningkat setengah kali lipat ketika memasuki siklus menstruasi. Artinya, itu adalah momen mendekati masa ovulasi, di mana ini adalah waktu terbaik untuk mencoba hamil. 

(Baca juga: Ketahui Masa Subur dengan Cara Ini)


(Beberapa studi menyebutkan bahwa indra penciuman wanita cenderung lebih sensitif, meningkat setengah kali lipat ketika memasuki siklus menstruasi. Foto: Reinaldo Kevin/Unsplash.com)

2. Lendir serviks mengalami perubahan    
Pada masa normal, umumnya lendir serviks hanya sedikit atau tak terdeteksi. Namun, saat mendekati masa subur, tubuh memproduksi lebih banyak estrogen. 

Akibatnya, lendir serviks menjadi lebih elastis dan jernih. Teruslah pantau perubahan tersebut. Jika tetap seperti itu, itu berarti Anda sedang berada di puncak kesuburan. 

3. Merasa dan terlihat lebih seksi
Ini adalah perasaan yang wajar. Beberapa di antaranya adalah bibir terasa lebih penuh, bola mata lebih besar, dan kulit lebih lembut. Ini adalah efek dari peningkatan estrogen dalam tubuh. Perasaan merasa seksi tersebut membuat lebih bergairah untuk berhubungan seksual. 

4. Adanya perubahan pada air liur
Ketika masa ovulasi, pola seperti pakis akan muncul di air liur kamu. Ini adalah pertanda bahwa terjadi lonjakan hormon luteinisasi dalam tubuh. Hormon tersebut krusial dalam memulai proses ovulasi dan menghasilkan hormon yang berhubungan dengan pembuahan. 

Umumnya, lonjakan tersebut terjadi tepat sebelum ovulasi, atau pelepasan sel telur dari indung telur. Untuk bisa melihat apakah ada pola pakis tersebut, dibutuhkan mikroskop karena bentuknya yang sangat kecil. 

5. Payudara yang terasa lebih sensitif
Waktu subur yang terjadi sebulan sekali membuat payudara dan puting menjadi lebih empuk karena hormon dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, baik sebelum maupun sesudah ovulasi. 





(TIN)