Cegah Gigi Si Kecil Berlubang

Anda Nurlaila    •    Jumat, 25 Jan 2019 13:31 WIB
perkembangan anak
Cegah Gigi Si Kecil Berlubang
Berikut ini adalah beberapa makanan yang perlu Anda perhatikan pemberiannya pada si kecil karena dapat menyebabkan gigi berlubang. (Foto: Janco Ferlic/Unsplash.com)

Jakarta: Perkembangan bayi memang menggemaskan. Salah satunya adalah ketika tumbuh gigi pertamanya.

American Academy of Pediatrics dan American Academy of Pediatric Dentistry merekomendasikan agar anak dibawa ke dokter gigi enam bulan setelah gigi pertama tumbuh atau saat usia satu tahun.

Pada pemeriksaan rutin tiga sampai enam bulan sekali, dokter dapat menambal gigi jika bayi dan balita mengalami gigi berlubang. Pastikan mengomunikasikan pasta gigi yang dipakai untuk merawat gigi bayi.

(Baca juga: Cara Merawat Gusi dan Gigi Susu Bayi)

Melansir dari Babycenter, berikut ini adalah beberapa makanan yang perlu Anda perhatikan pemberiannya pada si kecil karena dapat menyebabkan gigi berlubang.


(American Academy of Pediatrics dan American Academy of Pediatric Dentistry merekomendasikan agar anak dibawa ke dokter gigi enam bulan setelah gigi pertama tumbuh atau saat usia satu tahun. Foto: Chayene Rafaela/Unsplash.com)

1. Buah kering seperti kismis
2. Jus
3. Selai kacang dan agar-agar
4. Roti
5. Kerupuk
6. Spaghetti
7. Kue  

Apa yang harus dilakukan? Yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang, Anda bisa memberi anak minum air putih setelah makan agar gigi tak mudah keropos dan awet sebelum waktunya tanggal.

"Hindari memberi anak susu formula, jus atau minuman manis lainnya saat jam tidur. Sebab minuman manis adalah makanan bagi bakteri penyebab gigi berlubang," tulis dalam laman yang sama lagi.




(TIN)