Camilan Sehat tak Selalu Minim Rasa

   •    Senin, 07 Aug 2017 15:39 WIB
kesehatan
Camilan Sehat tak Selalu Minim Rasa
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Persepsi bahwa camilan sehat adalah yang minim rasa kadung tercetus lantaran sebagian besar orang menganggap bahwa camilan dengan tekstur renyah dan berbumbu adalah makanan yang tak sehat.

Padahal menurut Konsultan Pengatur Berat Badan dr. Grace Judio, faktanya tak selalu demikian. Kata dia, persepsi itu tercetus lantaran camilan mayoritas digoreng dengan minyak sebagai rasa sehingga makanan yang tak digoreng dan hambar dianggap lebih sehat.

"Padahal sebetulnya bukan hambar kalau bumbunya sama. Tapi memang kurang kriuk saja teksturnya sehingga orang menganggap ini lebih sehat," ujarnya, dalam Metro I-Care, Minggu 6 Agustus 2017.

Grace mengatakan umumnya makanan yang digoreng akan tinggi kalori dan dapat menaikkan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Namun ada cara jitu agar berat badan tetap terkontrol tanpa harus berhenti ngemil.

Prinsipnya, kata Grace, tanamkan dalam diri bahwa hanya akan makan saat lapar. Ketika ingin camilan di luar jam makan besar upayakan memilih camilan yang bisa membuat kenyang lebih lama.

"Bisa kacang-kacangan, agar-agar yang dicampur buah dan yogurt atau olahan susu. Lapar besar itu kan ada 3, pagi, siang, malam, di sela-sela waktu itu boleh ngemil 2-3 kali," katanya.

Sementara itu menurut Spesialis Gizi Klinik dr. Zairida Noor, untuk menyiasati diri agar tak mengemil berlebihan bisa dimulai dari perubahan pola makan. Pastikan bahwa jam makan teratur dan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang.

"Jangan lupa perhatikan juga pola istirahatnya. Kalau kita kurang istirahat badan akan cepat letih sehingga ingin makan terus. Olahraga selama 30 menit per hari juga efektif menekan nafsu makan," jelasnya.




(MEL)