Pentingnya Cek Mata Enam Bulan Sekali

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 21 Apr 2017 14:07 WIB
kesehatan mata
Pentingnya Cek Mata Enam Bulan Sekali
Ada beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan masalah mata seperti terlalu lama melihat ke layar biru (baik gadget atau komputer), penggunaan kontak lensa, dan konsumsi obat-obatan jangka panjang. (Foto: WordZZ)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sama seperti gigi, periksa mata rutin perlu dilakukan enam bulan sekali. Pemeriksaan tersebut juga semakin krusial untuk mereka yang memiliki risiko.

Apakah yang dimaksud dengan mereka yang berisiko?

"Sebelum kita tahu apakah seseorang berisiko, perlu dilakukan pemeriksaan awal dulu untuk mengetahui garis dasar kesehatan mata," ujar dr. Damara Andalia, SpM selaku Head of Eye Check Jakarta Eye Center (JEC) @ Kedoya dalam konferensi pers Special Eye Check Hari Kartini, Jumat (21/4/2017).


(Konferensi pers Special Eye Check Hari Kartini, Jumat (21/4/2017) di Jakarta Eye Center (JEC) @ Kedoya. Foto: Metrotvnews.com/Yanti)

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata)

Beberapa jenis risiko dapat terlihat dari penyakit yang bersifat genetik, misalnya glaukoma (penyakit saraf mata yang ditandai dengan peningkatan tekanan bola mata).

Selain itu, beberapa jenis penyakit yang diderita juga berisiko mempengaruhi kesehatan mata. Misalnya diabetes atau hipertensi yang membuat retina menjadi lebih rapuh sehingga dapat memicu pendarahan.

Penyakit akibat infeksi pada tubuh juga berisiko menyebabkan risiko kerusakan mata semakin besar, misalnya saja akibat tokso atau Tuberkulosis.

Selain itu, dr. Damara menambahkan bahwa ada beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan masalah mata seperti terlalu lama melihat ke layar biru (baik gadget atau komputer), penggunaan kontak lensa, dan konsumsi obat-obatan jangka panjang yang dapat memicu gangguan mata (misalnya steroid).

"Namun sayangnya kebanyakan dari kita malas melakukan skrining, terlihat dari tingkat skrining yang masih rendah. Mereka datang kebanyakan untuk pengobatan, bukan pencegahan," tambahnya.







(TIN)