Alasan Orang yang Depresi Enggan Menceritakan Masalahnya

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 06 Apr 2017 16:04 WIB
kesehatan mental
Alasan Orang yang Depresi Enggan Menceritakan Masalahnya
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang enggan menceritakan masalah psikologis yang dihadapinya hingga berujung pada depresi karena terus memendam.

"Umumnya mereka sudah merasa ada yang berbeda dengan diri mereka namun tak ingin bercerita pada orang lain karena merasa tak perlu," jawab Diah Setia Utami selaku Wakil Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa Indonesia (PDSKJI) di Kementrian Kesehatan, Kamis (6/4/2017).

Ia mengungkapkan, penderita merasa percuma bercerita karena berpikir hanya akan mendapat nasehat dari mereka yang mendengarkan.

"Berbicara dengan orang yang tak tepat membuat mereka merasa tak nyaman menceritakan masalah yang dihadapi," tambahnya.

Selain itu, penderita juga enggan bercerita karena takut apa yang dirasakan membuatnya menjadi mendapat stigma, misalnya dipandang tak normal. Terutama bila dikaitkan dengan kedekatan pada Sang Pencipta dimana dia dianggap kurang beriman atau berserah sehingga merasakan kegundahan.

Pada dasarnya, penderita hanya ingin didengarkan saat bercerita, bukan mendapat nasehat yang justru membuat orang yang depresi makin terpuruk.

Berbicara pada orang lain atau terapi wicara adalah salah satu bentuk pengobatan pada gangguan depresi ringan yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Selain itu, pengobatan lain untuk gangguan mental tersebut dapat berupa  pemberian obat anti depresan atau kombinasi keduanya.


(DEV)