Newsline

Fidget Spinner Bermain di Sensor Integrasi

   •    Jumat, 16 Jun 2017 15:23 WIB
kesehatanpsikologi
Fidget Spinner Bermain di Sensor Integrasi
Fidget spinner. (Foto: AFP/Drew Angerer)

Metrotvnews.com, Jakarta: Fidget spinner merupakan mainan yang saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang dengan segala jenis usia. Bentuknya yang simpel dengan cara bermain yang sederhana menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang termasuk remaja, dewasa, bahkan anak-anak menyukai mainan ini.

Tapi, tahukah Anda bahwa fidget spinner tak hanya sekadar mainan. Di balik itu ternyata ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa dihasilkan dari mainan tersebut?

"Ternyata ini berkaitan dengan neuroscience dan sensor integrasi. Penelitian di Amerika bahwa anak-anak berkebutuhan khusus yang dilatih menggunakan ini dapat lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungannya," ujar Dokter Spesialis Anak TB Rachmat Sentika, dalam Newsline, Jumat 16 Juni 2017.

Rachmat menjelaskan bahwa sensor integrasi itu dapat menghasilkan 4 hormon kesenangan yang dalam istilah kedokteran dikenal dengan hormon oksitosin, dopamin, endorfin, dan serotonin. 

Sensor integrasi inilah yang bisa menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan sehingga biasanya para psikolog atau dokter spesialis anak yang berkecimpung dalam spesialisasi tumbuh kembang anak ikut merekomendasikan alat yang bisa menghasilkan sensor integrasi.

"Keempat hormon tadi akan membuat lebih fokus dan tenang. Juga menimbulkan kecerdasan, kesabaran dan lebih mudah untuk konsentrasi," katanya.

Dari permainan fidget spinner sensor integrasi ini bisa dilihat secara kasat mata ada perubahan warna dan suara putaran seperti getaran dari garpu tala. Keduanya bisa ditangkap oleh seluruh panca indera. Inilah yang akan merangsang otak kiri dan otak kanan dalam pembentukan hormon kesenangan.




(MEL)