Berikut Ini Tanda-tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri

   •    Senin, 24 Jul 2017 19:00 WIB
psikologi
Berikut Ini Tanda-tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri
Kita harus meluangkan waktu untuk lebih memperhatikan orang-orang terdekat kita. Menanyakan kabarnya secara tulus dan peduli pada perasaan yang disampaikan oleh mereka. (Foto: Dok. Linkinpark.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kematian vokalis band Linkin Park, Chester Bennington Kamis (20/7/17) silam memang cukup mengejutkan banyak orang. Namun ternyata beberapa tanda keinginan seseorang ingin bunuh diri bisa kita ketahui.

Seperti yang disebutkan Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog dalam rilis yang diterima oleh Metrotvnews.com dari Brawijaya Women & Children Hospital, bahwa ketika seseorang sudah berpengalaman dengan rasa sakit baik fisik maupun psikologis, maka ia menjadi lebih tidak merasa takut dengan kematian melalui proses bunuh diri. 

Seseorang tersebut menganggap bahwa kematian adalah proses yang membebaskannya dari segala rasa sakit yang sudah tidak mampu dipikulnya lagi. 

Kita harus meluangkan waktu untuk lebih memperhatikan orang-orang terdekat kita. Menanyakan kabarnya secara tulus dan peduli pada perasaan yang disampaikan oleh mereka. 

Mengenali tanda-tanda dari bunuh diri juga dapat membuat kita lebih memahami mereka yang membutuhkan bantuan. 



(Baca juga: Video Aksi Panggung Terakhir Chester Bennington)

Berikut beberapa tanda-tanda bunuh diri yang disampaikan oleh American Association of Suicidology, yakni:

- Menceritakan perasaan tidak berdaya dan tidak memiliki tujuan hidup

- Merasa terjebak pada rasa sakit yang tidak tertahankan

- Menceritakan beban-beban yang dimiliki

- Menyampaikan keinginan untuk mati dan mencari cara untuk bunuh diri

-Menarik diri dari pergaulan, dan meningkatnya konsumsi alkohol atau narkoba

Selain menunjukkan pada mereka bahwa kita siap sedia untuk membantu dan mendengarkan, penting juga kita mengetahui tempat-tempat atau pihak profesional dalam menangani kasus-kasus kesehatan mental. 

Jika seseorang sudah meninggal dengan cara bunuh diri, pahamilah bahwa keluarga yang ditinggalkan bukan saja berduka atas kehilangan orang yang mereka sayangi. Mereka juga harus menghadapi rasa malu karena banyaknya stigma negatif karena proses bunuh diri bertentangan dengan norma agama dan norma sosial di lingkungan sekitar. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menunjukkan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan dan berusaha untuk tidak memberikan judgement negatif pada anggota keluarganya yang telah pergi. 









(TIN)