5 Tips untuk Menghentikan Kebiasaan Menguap

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 18 Aug 2017 11:44 WIB
kesehatan
5 Tips untuk Menghentikan Kebiasaan Menguap
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Frontiers in Evolutionary Neuroscience menemukan bahwa suhu ruangan yang hangat cenderung membuat seseorang menguap. (Foto: Thehealthsite.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menguap berkali-kali adalah kebiasaan yang biasa terjadi, terutama saat tubuh tak banyak bergerak. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi hal tersebut, seperti dilansir Thehealthsite.com. 

1. Tarik napas dalam
Kurangnya kadar oksigen dalam tubuh dapat membuat Anda menguap berkali-kali. Cobalah tarik napas dalam-dalam dengan menghirup melalui hidung dan menghembuskannya dari mulut sehingga lebih banyak oksigen yang masuk. 



2. Menonton video lucu
Cobalah melihat video atau gambar lucu yang membuat tertawa. Tertawa dapat menghentikan kebiasaan menguap secara efektif, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Applied and Basic Medical Research.

(Baca juga: Menguap Berlebihan Bisa Jadi Pertanda Penyakit)



3. Minum minuman dingin
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Frontiers in Evolutionary Neuroscience menyebutkan bahwa mendinginkan suhu tubuh dengan meneguk es teh atau es kopi dapat menekan kebiasaan menguap. 



4. Menyalakan AC dengan suhu rendah
Cara lain untuk mendinginkan suhu tubuh adalah dengan menaikkan suhu ruangan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Frontiers in Evolutionary Neuroscience menemukan bahwa suhu ruangan yang hangat cenderung membuat seseorang menguap. 



5. Kompres dingin
Tempelkan kompres dingin pada kepala selama satu atau dua menit sehingga rasa panas dalam tubuh berkurang.











(TIN)